Follow Us

Evad3rs Termasuk ke Dalam Salah Satu Penyempurna Keamanan iOS 7.1

Bagus Hernawan - Selasa, 11 Maret 2014 | 19:31
Evad3rs Termasuk ke Dalam Salah Satu Penyempurna Keamanan iOS 7.1

Berita terpanas hari ini masih seputar Apple merilis iOS 7.1. Apple merilis Security Content iOS 7.1 tidak berapa lama setelah pembaruan ini tersedia untuk perangkat iOS seperti iPhone, iPod Touch dan iPad. Dalam dokumen tersebut dituliskan daftar celah keamanan yang telah diperbaiki Apple pada pembaruan kali ini.

Selain celah keamanan itu, Apple juga menuliskan nama pelapor yang terkait informasi tersebut kepada Apple. Dan yang mengejutkan adalah, tim pengembang tool Jailbreak evasi0n, evad3rs, menjadi salah satu nama yang mendapat kredit dari Apple karena melaporkan celah keamanan.

Dalam dokumen tersebut nama evad3rs ditulis dalam 4 celah keamanan yang telah diperbaiki pada iOS 7.1 yakni, Backup, Crash Reporting, dyld dan Kernel. Nama dari dunia Jailbreak yang juga hadir disana adalah Filippo Bigarella sang pengembang Springtomize 3, dan Stefan Esser yang dulu dikenal dengan nama i0n1c sang pengembang tools Jaibreak pada iOS 4.3.1. Selain evad3rs, tim Google Chrome Security juga menerima kredit dari Apple karena telah membantu menyempurnakan iOS 7.1 yang rilis hari ini.

Saya mencoba mengumpulkan informasi mengapa evad3rs yang menemukan celah tersebut sehingga bisa membuat evasi0n7 justru melaporkannya ke Apple. Namun sayang akun Twitter @evad3rs tidak menceritakan apapun, bahkan tidak nge-tweet sejak 1 Maret 2014.

Dalam akun Twitter Filippo Bigarella (@FilippoBiga) sang pengembang Springtomize 3, dia hanya mengatakan bahwa celah keamanan yang dilaporkan tidak digunakan untuk membuat tools Jailbreak.

Before everybody starts asking: don’t worry, CVE-2014-1271 was not exploitable nor useful in any way for a jailbreak.

— Filippo Bigarella (@FilippoBiga) March 10, 2014

Kemudian pada akun Twitter Stefan Esser (@i0n1c), dia mengungkapkan bahwa celah keamanan tersebut sudah dia ungkapkan pada sebuah acara konferensi keamanan komputer bernama SyScan pada bulan April 2013 – hampir setahun lalu.

So iOS 7.1 was released in March 2014 and Apple credits me for a bug disclosed at SyScan in April 2013.

— Stefan Esser (@i0n1c) March 11, 2014

Hingga artikel ini ditulis, tools evasi0n belum merilis pembaruan untuk mendukung Jailbreak pada perangkat iOS 7.1.

Bagaimana pendapat kamu? Apakah evad3rs akan berhenti mengembangkan evasi0n karena sudah melaporkan celah keamanan yang dia gunakan? Atau ada kejutan lain dari tim Jailbreak ini pada iOS 7.1? Bagikan di kolom komentar ya.

[source site_name = “Apple” site_url = “http://support.apple.com/kb/HT6162”][/source]

Source : MakeMac.com

Editor : Bagus Hernawan

Latest