Follow Us

Clean Install iOS 7.1 Memperbaiki iPad Yang Crash Karena Habis Memori

Bagus Hernawan - Rabu, 12 Maret 2014 | 16:31
Clean Install iOS 7.1 Memperbaiki iPad Yang Crash Karena Habis Memori

Perangkat iPad Air ditemukan banyak mengalami masalah seperti reboot dan Safari yang tiba-tiba menutup sendiri. Masalah ini diduga terjadi karena kehabisan memori saat menampilkan sebuah website dengan konten Javascript yang banyak atau membuka file .PDF di Safari. Bagaimana cara mengatasinya? Beberapa pengguna mencoba untuk mematikan fitur Javascript atau menggunakan peramban pihak ketiga seperti Chrome. Namun dalam perkembangannya, Apple telah merilis perbaikan iOS 7.1 untuk mengatasi hal ini.

Beberapa pengguna yang telah melakukan update via OTA mengatakan bahwa masalah ini sudah berhasil diatasi, namun sebagian lainnya mengaku masih mengalami crash. Merekapun mencoba melakukan Clean Install dan hasilnya, perangkat mereka tidak lagi mengalami crash – setidaknya hingga sampai berita ini diturunkan.

Lalu bagaimana caranya melakukan clean instal di iPhone, iPad dan iPod touch untuk iOS 7.1? Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah-Langkah Update ke iOS 7.1

  1. Hubungkan iPad atau perangkat iOS kamu ke komputer dan buka iTunes. Pastikan komputer kamu terkoneksi dengan internet karena kita akan mengunduh pembaruan tersebut di langkah selanjutnya.
  2. Lakukan Backup ke iTunes atau iCloud, tergantung pengaturan yang sudah pernah kamu buat.
  3. Pilih perangkat iOS pada sisi kiri list Devices di iTunes lalu tekan tombol Restore di tampilan utama iTunes. Sebelumnya matikan fitur Find My iPhone di perangkat iOS dari aplikasi Settings > iCloud > Find My iPhone.
  4. Lakukan konfirmasi untuk menandakan kamu setuju terhadap proses Restore tersebut. Setelah itu iTunes akan mengunduh firmware iOS 7.1 dan menginstal di perangkat iOS kamu.
  5. Setelah selesai mengunduh dan Restore, kamu bisa mengembalikan data-data kamu dengan cara memilih Restore From Backup atau Set As New iPhone bila ingin menggunakannya tanpa data-data lama milikmu.
Ada juga cara lain yang bisa kamu gunakan jika kamu ingin mengunduh firmware (file .ipsw) secara terpisah. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Gunakan aplikasi IPSWDownloader untuk membantu kamu mencari file .ipsw yang dibutuhkan untuk perangkat iOS kamu (atau unduh di dalam artikel di tautan ini.
  2. Buka aplikasi tersebut dan cari nama perangkat kamu dan jenis file .ipsw yang ingin digunakan (sebagai contoh iPad Air dan versi iOS 7.1).
  3. Tekan tombol Download di kanan bawah dan tunggu hingga file tersebut selesai diunduh.
  4. Cari file tersebut di finder dengan cara menekan tanda kaca pembesar setelah kamu menekan icon download di bagian kanan atas aplikasi.
  5. Kembali ke iTunes di Mac, hubungkan perangkat iOS lalu pilih perangkat iOS di list Device sebelah kiri. Pastikan komputer kamu terkoneksi dengan internet.
  6. Matikan fitur Find My iPhone pada perangkat iOS. Tekan tombol restore di jendela iTunes dan tombol option (Mac) atau shift (Windows) untuk melakukan restore menggunakan file yang sudah kamu unduh. Cari file tersebut di Finder dan konfirmasi untuk melakukan Restore.
Selamat mencoba ya dan kabari di kolom komentar artikel ini, apabila kamu masih mengalami crash di iPad Air maupun iPad lainnya.

Baca Juga Cara Mudah Update ke iOS 7.1 (Berikut Link IPSW di Dalamnya)


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest