Follow Us

Camera app di iOS 7.1 Mendapat Tambahan HDR Auto

Bagus Hernawan - Rabu, 12 Maret 2014 | 17:16
Camera app di iOS 7.1 Mendapat Tambahan HDR Auto

Apple merilis perbaikan fitur untuk aplikasi Camera pada pembaruan iOS 7.1. Fitur tersebut adalah HDR Auto. Fitur HDR selama ini hadir sejak iOS 4.1 dan pada iOS 7.1 telah mendapatkan tambahan fitur auto atau otomatis.

Prinsip kerjanya adalah Camera akan menganalisis apakah suasana yang sedang kamu foto mendukung untuk menggunakan teknik HDR. Bila iya, fitur tersebut akan menyala dan bila tidak, kamu akan memotret menggunakan mode biasa. Hal ini sangat membantu saat kamu ragu-ragu untuk menggunakan mode HDR.


Baca Juga: Di Iklan Terbaru Apple, iPhone Menggantikan Peran Kamera Profesional


Cara mengaktifkannya adalah buka aplikasi Camera pada perangkat iOS dan pilih photo mode. Pada bagian tengah atas kamu dapat melihat tulisan HDR Auto yang bila ditekan akan berubah menjadi HDR On lalu HDR Off. Saya sudah mencoba di perangkat iPhone 5s dan menemukan fitur ini. Namun pada perangkat lama seperti iPhone 4s ternyata tidak memiliki fitur HDR Auto di iOS 7.1

Apa Itu HDR?

HDR atau kepanjangan dari High Dynamic Range adalah sebuah teknik fotografi yang menggunakan 3 foto dengan exposure berbeda yaitu under, normal dan over exposure. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan pencahayaan latar belakang terbaik pada sebuah foto tanpa harus kehilangan detail objek utama. Memotret HDR dengan 3 foto seperti keterangan diatas biasa dilakukan pada kamera DSLR dan digabungkan dengan aplikasi tambahan seperti Photomatix. Namun bila menggunakan iPhone, kamu hanya akan menerima 1 file gambar yang sudah HDR, tanpa repot menyatukan 3 file lagi.

Perlu diingat bahwa foto HDR yang baik adalah objek yang tenang dan memiliki dynamic range yang lebar. Hindari memotret HDR pada objek sekumpulan orang bergerak atau ruangan yang terlalu gelap. Objek yang baik untuk fotografi HDR adalah pemandangan atau barang-barang yang memiliki detail dan warna yang menarik.

Baca Juga Apple Resmi Merilis iOS 7.1 Buat Publik


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest