Follow Us

Jony Ive Berbicara Tentang Desain, Steve Jobs dan Produk Baru Apple Kepada Sunday Times

Bagus Hernawan - Senin, 17 Maret 2014 | 18:44
Jony Ive Berbicara Tentang Desain, Steve Jobs dan Produk Baru Apple Kepada Sunday Times

Sebagai seorang fanboy Apple, siapa tidak kenal Jonathan Ive? Pria yang sekarang menjabat Apple SVP of Design ini dikenal memiliki cita rasa tinggi dalam setiap karya yang dibuatnya. Sebut saja iMac generasi pertama, iPod earphone dan PowerBook Titanium.

The Sunday Times (via [9to5mac][]) mendapat kesempatan wawancara eksklusif dengan Jony Ive. Dalam kesempatan tersebut Jony Ive menyampaikan banyak hal. Beberapa hal diataranya adalah bagaimana proses desain yang dia buat, sosok mendiang Steve Jobs, dan rencana Apple tahun ini.

Dalam wawancara tersebut, Jony Ive menyampaikan bahwa dia menghabiskan banyak waktu untuk mendesain sebuah produk, salah satunya, ketika mendesain stand untuk iMac. Dia mengatakan bahwa desain tersebut harus dibuat senatural mungkin dan jelas, walaupun pada akhirnya sebuah stand iMac tidak akan dilihat oleh para pengguna.

It’s very hard to design something that you almost do not see because it just seems so obvious, natural, and inevitable.

Jony Ive dikenal sebagai orang yang perfeksionis dan teliti dalam membuat desain. Pria berumur 47 tahun ini pernah melakukan perjalanan ke Niigata, Jepang, untuk bertemu pengrajin logam di sana dan belajar menempa logam tipis. Dari pengalamannya itu, terciptalah PowerBook Titanium, laptop pertama di dunia dengan bahan logam.


Baca Juga:


Topik lain yang dibahas dalam wawancara tersebut adalah mengenai gaya kepemimpinan mendiang CEO Apple, Steve Jobs. Ya, kamu pasti tau bahwa Ive adalah salah seorang yang paling dekat dengan Steve Jobs.

Ia membenarkan mengenai Steve Jobs yang terkesan keras dan sedikit penuh ambisi dalam segala hal. Ive juga mengatakan bahwa Steve Jobs sangat cerdas dan penuh ide-ide cemerlang.

But he was so clever. His ideas were bold and magnificent.

Terakhir, terkait produk baru Apple, Jony Ive membenarkan hal tersebut namun tidak secara gamblang. Saat dikonfirmasi apakah produk tersebut adalah iWatch atau jam tangan pintar, Jony Ive tidak memberikan komentar. Dia hanya mengatakan bahwa produk tersebut memiliki fitur pemantau kesehatan dan dapat digunakan bersamaan dengan perangkat iOS. Ya, percis seperti kabar yang beredar terkait Healthbook.

Pendapat saya, hadirnya Jony Ive di Apple telah memberikan banyak desain yang luar biasa selama ini. Bagi kamu yang belum tau, Jony Ive juga pernah mendapat kehormatan untuk mendesain ulang kamera Leica.

Masih ada beberapa hal lagi yang dibahas dalam wawancara tersebut. Kamu bisa menyimaknya di laman 9To5Mac.

[source site_name = “9To5Mac” site_url = “http://9to5mac.com/2014/03/16/sunday-times-interviews-jonathan-ive-on-everything-design-apple-and-much-more/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest