Follow Us

Pakar Keamanan Berkata iOS 7 Lebih Tidak Aman Dibanding iOS 6

Bagus Hernawan - Selasa, 18 Maret 2014 | 21:07
Pakar Keamanan Berkata iOS 7 Lebih Tidak Aman Dibanding iOS 6

Tarjei Mandt dari Azimuth Security menyampaikan bahwa Apple melakukan kesalahan besar dengan mengubah teknik keamanan dari iOS 6 ke iOS 7. Hal tersebut disampaikan olehnya dalam sebuah konferensi CanSecWest di Columbia.

Dia menyampaikan bahwa Apple merubah teknik random number generator pada enkripsi kernel. Di iOS 6, Apple membuat random number generator tersebut berdasarkan waktu yang diberikan oleh CPU clock counter sehingga menghasilkan nilai yang lebih acak dan sulit dilacak. Sedangkan pada iOS 7 teknik ini diganti dengan linear congruential generator yang menurut Tarjei Mandt membuat iOS 7 lebih rentan dari serangan acak (brute force).

The problem with the new generator in iOS 7 is that it uses a linear recursion algorithm. That makes them easier to extrapolate and guess.


Baca Juga: Evad3rs Termasuk ke Dalam Salah Satu Penyempurna Keamanan iOS 7.1


Keamanan yang rentan ini dapat membuat penyusup (hacker) untuk menyusup dan mendapatkan akses level terdalam yaitu kernel pada perangkat iOS. Untuk kamu yang belum tau, kernel adalah bagian dasar dari sistem operasi iOS yang bertugas mengontrol fungsi-fungsi dasar seperti keamanan sistem operasi.

Tarjei Mandt juga membagikan slide presentasi dan dokumen pendukung lainnya yang digunakan dalam acara tersebut dan kamu bisa melihatnya pada tautan di atas.

[source site_name = “Cnet” site_url = “http://news.cnet.com/8301-1009_3-57620391-83/beware-this-big-ios-flaw-and-its-not-alone/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest