Follow Us

Apple Menyiapkan Layanan Musik Baru dan iTunes Versi Android

Hendra Saputra - Sabtu, 22 Maret 2014 | 16:36
Apple Menyiapkan Layanan Musik Baru dan iTunes Versi Android

Apple, dikabarkan Billboard, tengah mempersiapkan sebuah layanan streaming musik mirip Spotify (berbasis on-demand), dan tengah menguji kemungkinan merilis iTunes di platform Android, dalam rangka menjegal penurunan yang terus terjadi terhadap penjualan musik di iTunes Store.

Penurunan penjualan yang terjadi terhadap iTunes Store diketahui cukup signifikan. Riset Nielsen SoundScan menunjukkan bahwa penjualan musik digital menurun hingga 13% per tanggal 9 Maret 2014 kemarin.

Tidak hanya itu, Apple diketahui kembali meminta para label untuk merilis album eksklusif lainnya di iTunes – seperti album Beyonce terbaru yang rilis eksklusif lebih dulu di iTunes.

“They are feeling out some people at labels on thoughts about transitioning its customers from iTunes proper to a streaming service,”

"So when you buy a song for $1.29… iTunes might send an e-mail pointing out that for a total of, say, $8 a month you can access that song plus all the music in the iTunes store.

Beberapa waktu lalu juga beredar kabar terkait hadirnya iTunes Radio sebagai sebuah app mandiri. Langkah memisahkan iTunes Radio dari Music app ini dilakukan, sebagai upaya untuk menjaring lebih banyak lagi konsumen yang menggunakan layanan ini.

iTunes Radio adalah layanan streaming Apple. Mungkin layanan ini belum bisa disebut sebagai layanan on-demand karena pengguna masih tidak bisa mencari secara spesifik apa yang mereka mau. Garis besar, iTunes Radio akan dimutakhirkan lebih lagi.

Baca juga:


Mengenai iTunes app buat Android, hal ini mengingatkan saya akan langkah serupa yang Apple lakukan beberapa tahun lalu, ketika menghadirkan iTunes app di platform Windows. Berawal dari sana, akhirnya banyak pengguna Windows yang tertarik untuk menggunakan iPhone, iPad maupun perangkat iOS yang lainnya.

Ada 2 kemungkinan yang pasti terjadi jika iTunes hadir di Android; menjadi kisah sukses Apple yang lainnya, tau menjadi blunder terbesar sepanjang sejarah Apple.

[source site_name = “Billboard” site_url = “http://www.billboard.com/biz/articles/news/digital-and-mobile/5944778/apple-mulls-launching-spotify-rival-android-app-as”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Hendra Saputra

Latest