Follow Us

Greg Christie Menceritakan Proses Awal Pembuatan iOS

Andri Alfansyah - Kamis, 27 Maret 2014 | 11:30
Greg Christie Menceritakan Proses Awal Pembuatan iOS

Hadirnya iPhone ke publik dunia pada 2007 lalu telah merevolusi cara bagaimana orang berkomunikasi seharusnya. Saat itu dengan layar touchscreen 3,5 inci, iPhone generasi pertama menuai banyak decak kagum. Bahkan ada beberapa perusahaan saingan yang menirunya. Di balik itu semua, tidak banyak orang tahu bagaimana kisah proses awal dikembangkannya iPhone generasi pertama itu. Namun, baru-baru ini The Wall Street Journal mewawancarai Greg Christie, seorang insinyur software senior Apple, yang mengerjakan proyek iPhone itu.

Greg Christie berkisah bagaimana mendiang Steve Jobs mendorong dirinya dan timnya dengan memberi mereka ultimatum selama 2 minggu untuk menciptakan blueprint ’software iPhone’, — yang kita kenal cikal bakal iOS. Saat itu tahun 2004, Apple sedang mengerjakan ponsel/media player hibrid dengan layar sentuh. Greg dan Timnya, yang merupakan kelompok insinyur yang mengerjakan PDA Newton di tahun 1996, memperoleh kesempatan dari Mantan Eksekutif Apple, Scott Forstall, untuk mengerjakan proyek iPhone tersebut.

Seiring bulan berlalu dan rapat yang intensif, Greg Christie bersama tim kecilnya akhirnya berhasil menciptakan blueprint sistem operasi mobile modern. Beberapa ciptaan terbesar mereka dalam blueprint itu yang saat ini masih kita temui di iOS adalah fitur untuk membuka layar iPhone, slide to unlock, gestur, dan input sentuh. Kreasi Greg dan timnya itu pun disetujui melalui persetujuan yang panjang, mulai dari Steve Jobs, ke dewan direksi Apple, Bill Campbell, dan terakhir ke Jony Ive.

Pada waktu itu, Greg Christie ingat betul betapa Steve Jobs sangat senang dengan kemampuan yang dimiliki oleh software iPhone tersebut. Greg mengungkapkan bahwa kegembiraan Steve Jobs tentang penemuan Greg tersebut sangat tidak terbatas.

"His excitement for it was boundless,"

Baca juga:

Satu hal yang menarik dalam wawancara itu adalah mendiang Steve Jobs sangat menjaga kerahasian proyek iPhone itu dan meminta seluruh karyawannya untuk mengerjakan proyek itu jauh dari tempat tinggal mereka. Bahkan, semua citra terkait perangkat iPhone itu harus dienkripsi.

Greg dan timnya adalah kelompok yang sangat berjasa dalam menciptakan cikal bakal sistem operasi paling inovatif dan revolusioner, iOS. Di akhir wawancara, Greg Christie akan menjadi saksi dimana beberapa kreasinya itu kemudian dilanggar oleh Samsung. Sidang kedua pelanggaran paten Apple oleh Samsung ini pun sedianya akan segera dilakukan.

[source site_name = “The Wall Street Journal” site_url = “http://online.wsj.com/news/articles/SB10001424052702303949704579461783150723874?”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest