Follow Us

Memory Diag: Pantau Pemakaian RAM Di OS X Mavericks

Bagus Hernawan - Senin, 07 April 2014 | 11:49
Memory Diag: Pantau Pemakaian RAM Di OS X Mavericks

Perangkat komputer membutuhkan RAM (Random Acces Memory) untuk menyimpan data sementara saat komputer digunakan. Penasaran seberapa optimal pemakaian RAM di komputer Mac milikmu? Coba gunakan aplikasi Memory Diag untuk mengecek penggunaan perangkat RAM.

Aplikasi karya pengembang Rocky Stand Studio ini memiliki antarmuka yang sederhana dan cantik. Memory Diag akan bersembunyi di status bar, bagian kanan atas tampilan OS X dengan logo seperti termometer. Saat kamu membukanya, antarmuka berbentuk diagram lingkaran dengan beberapa garis warna akan tampil untuk memberikan informasi File Cache, Wired Memory, Compressed dan App Memory. Pada bagian bawah terdapat informasi nama aplikasi yang paling banyak mengkonsumsi RAM. Sang pengembang menyematkan ikon tanda seru pada bagian dalam diagram lingkaran di antarmuka tersebut agar kamu dapat melakukan optimalisasi pada memory saat kapasitas memory mencapai tingkat High.

Baca Juga: Review Disk Diag: Bersihkan Mac Dari File Yang Tidak Perlu

Sementara pada bagian kiri atas terdapat icon 3 garis untuk melakukan pengaturan seperti mengubah tema, ikon di menubar, pengaturan untuk membuka Memory Diag saat login, dan beberapa pengaturan lain. Pada bagian kanan tampilan terdapat ikon huruf ‘i’ untuk menampilkan informasi seperti slot RAM yang digunakan, jumlah Physical Memory, Memory Used, Virtual Memory, Swap Used dan Memory Diagnosis.

Setelah memantau penggunaan RAM terkait dengan aplikasi yang sering digunakan, kamu bisa memutuskan untuk menambah kapasitas RAM atau merasa cukup di kondisi tersebut. Perlu diingat bahwa harga RAM tergolong cukup mahal jadi lakukan upgrade bila memang betul-betul diperlukan.

Segera unduh Memory Diag yang sedang gratis di Mac App Store menggunakan link di bawah ini.

Download Memory Cleaner: Free Up Memory · Harga: Gratis


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest