Follow Us

Berhati-Hatilah Dalam Memilih iPod!

Lecto - Jumat, 11 April 2014 | 16:32
Berhati-Hatilah Dalam Memilih iPod!

Suatu hari, saya meminta opini dari beberapa orang tentang portable player dengan kualitas suara terbaik. Empat dari 5 orang menyarankan saya untuk membeli iPod touch terbaru karena itulah The best player available in the world.

Terngiang akan pengalaman pertama dengan iPod generasi pertama yang memang memanjakan telinga, saya meminjam salah satu iPod touch generasi 4 milik teman. Disandingkan dengan headphone Grado yang saya miliki, entah mengapa saya tidak merasa terpesona dengan kualitas suaranya. Suaranya memang terkesan bersih, detail, tetapi cenderung tajam, bass yang agak kasar dan vokal yang terlalu kering. Sebagai pembanding, saya juga mencoba dengan salah satu headphone Senheisser. Hasilnya memberikan definisi bass yang lebih terbentuk, tetapi lagi-lagi vokal dan staging suara tidak menyajikan kualitas yang setimpal dengan harganya.

Supaya lebih obyektif, saya melakukan riset tentang spesifikasi hardware pada iPod. Salah satu komponen jantung pada digital audio player adalah chip DAC (Digital to Analogue Converter) yang kerjanya adalah untuk mengkonversikan data digital menjadi gelombang suara yang dapat didengar telinga.

Alangkah terkejutnya saya ketika mendapati bahwa Apple tega menggantikan chip DAC Wolfson yang memang terkenal di bidang olah suara dengan chip DAC Cirrus Logic. Bagi kamu yang gemar menikmati audio lebih daripada orang awam, kamu pasti tak asing dengan nama Wolfson atau Burr Brown. Chip itulah yang membuat saya jatuh cinta ketika pertama kali mencoba iPod generasi 1 yang gendut dan berbobot.

Akhirnya saya mengunjungi salah satu ritel Apple untuk kembali mencoba headphone kesayangan dengan iPod generasi 5. Ini baru benar-benar suara yang pantas didapat pencinta audio. Vokal yang hangat dan lebih tebal, sound stage yang lebih lebar serta alunan cymbal drum yang gemercing namun tidak menusuk. Artikulasi bassnya tebal tetapi halus.

Okay, sekarang apakah kamu mulai aware dengan penggunaan DAC di iPod? Jika ya, maka di bawah ini adalah daftar gadget keluaran Apple yang menggunakan chip DAC Wolfson beserta tipe chipnya:

  • iPod 1G & 2G (WM8721), 3G (WM8731), 4G(WM8975), 5G (WM87588G) and 5.5G (WM87588G)
  • iPod nano 1G (WM8975G), 2G (WM8975), 3G (WM1870)
  • iPod Touch 1G (WM8758BG)
  • iPod mini (Wolfson 8731?)
  • iPhone (WM8758BG) and the iPhone 3G (WM6180).
Selain daftar di atas, termasuk iPhone 5, menggunakan DAC Cirrus Logic. Daftar di atas adalah pilihan yang wajib kamu pilih jika kamu memang mengutamakan kualitas suara (Sound Quality) ketimbang faktor lainnya. Tetapi jika kamu merasa puas dengan bass yang kencang, nendang atau menganggap bass yang ‘boomy’ adalah perangkat audio yang baik, silakan abaikan review ini.

Ada pendapat? Saya tunggu di kolom komentar ya.

Baca Juga Artikel “Lecto-Verso” MakeMac Lainnya di Sini

Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Lecto

Latest