Follow Us

Please Dech, Apple…

Lecto - Jumat, 11 April 2014 | 17:11
Please Dech, Apple…

Ini adalah pengalaman pribadi tentang petaka yang mungkin saja suatu hari akan kamu alami, jika membeli MacBook Pro atau Air terbaru belakangan ini yang tidak lagi hadir dengan DVD Operating System (OS) di dalamnya. Jujur saja, apapun alasan Apple, saya merasa sangat sangat terganggu dengan cara Apple menghilangkan DVD OS dari paket pembelian Mac.

Baru-baru ini MacBook Pro salah satu kolega saya mengalami gangguan yang sangat serius. Pada awalnya, Mac nya yang menggunakan OS X Mavericks berjalan lamban dan berkesan laggy. Seperti yang banyak dilakukan orang lainnya, dilakukanlah reboot dengan harapan MacBook Pro bisa kembali ke performa terbaiknya. Namun tanpa disangka-sangka, booting OS malah gagal. Singkat cerita, terjadi kerusakan pada disknya.

Keadaan semakin parah karena garansi Mac tersebut sudah habis, sehingga ketika dibawa ke service center, pihak di sana menolak perangkat ini. Alasannya tidak menyediakan komponen untuk harddisk yang rusak. Alhasil, dilakukanlah proses pencarian harddisk yang satu tipe untuk menggantikan disk yang rusak tersebut. Dan lagi-lagi, setelah sulit mencari, proses beriktnya terhambat karena tidak terdapat DVD OS yang ikut serta ketika Mac kolega saya dibeli. Alih-alih memakan waktu lama di service center Apple, saya malah menghabiskan waktu untuk mencari pinjaman CD OS Lion dari teman-teman yang membeli Mac keluaran terdahulu. Setelah itu, baru proses upgrade ke Mavericks dilakukan.

Sekarang bayangkan jika skenario ini terjadi pada kamu:1. Repotnya mencari disk pengganti di toko-toko jangkrikan karena ia tidak dijual di toko-toko resmi Apple.2. Repotnya mencari cara untuk mendapatkan OS Lion. Ingin mendownload sendiri OS tersebut dari situs resmi Apple? silakan merasakan lemotnya koneksi sembari harus menuntaskan download operating system bergiga-giga lewat komputer lain.3. Repotnya mengerjakan hal ini sendirian saat service center “angkat tangan”

Sebagai seorang yang bekerja di dunia IT, saya selalu mengapresiasi survival pack yang disediakan oleh para vendor komputer. Inti survival pack adalah kamu dapat melakukan instal ulang secara cepat dan tanpa membutuhkan komputer kedua saat kendala terjadi.

Recovery disk diperlukan terpisah, entah dalam bentuk DVD atau USB drive atau media lainnya. Adalah tidak wajar untuk meletakkan kunci cadangan mobil di dalam mobil itu sendiri. Ketika saya berhadapan dengan situasi ini, saya bergumam dalam hati “Please dech, Apple!.”

Baca Juga Artikel “Lecto-Verso” MakeMac Lainnya di Sini


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Lecto

Latest