Follow Us

Tips Hemat Baterai MacBook Pro dan MacBook Air

Bagus Hernawan - Selasa, 15 April 2014 | 17:22
Tips Hemat Baterai MacBook Pro dan MacBook Air

Apple mendesain perangkat laptop Macbook Pro dan Macbook Air dengan kualitas baterai yang diklaim dapat bertahan setengah hari bahkan lebih. Kali ini tim MakeMac akan berbagi tips untuk lebih menghemat baterai, sehingga kamu dapat menggunakannya diluar rumah dengan lebih lama tanpa perlu repot mencari stop kontak dan membawa magsafe (charger).

Gunakan OS X Mavericks

Lakukan pembaruan OS X Maverick bila Macbook Pro atau Macbook Air kamu termasuk dalam list komputer yang didukung OS X 10.9 ini. Apple memberikan beberapa fitur baru di OS X Mavericks yang dapat berguna untuk menghemat baterai. Salah satunya adalah Power Nap dan Safari Power Saver. Bahkan iTunes juga diklaim lebih hemat daya pada OS X Mavericks.

Perketat Pengaturan Energy Saver

Lakukan pengaturan Energy Saver dari aplikasi System Preferences > Energy Saver. Ubah pengaturan pada tab Battery dan Power Adapter sekecil mungkin, namun pertimbangkan juga agar tidak mengganggu aktivitas kamu. Beri tanda checklist pada mode ‘Put hard disks to sleep when possible’ untuk mengistirahatkan hardisk saat tidak digunakan.


Baca Juga: 6 Tips Mengatasi Masalah Boros Baterai di iOS 7.1


Mematikan Wi-Fi dan Bluetooth

Perangkat nirkabel Wi-Fi dan Bluetooth dapat kamu matikan saat tidak digunakan. Selain dapat mengurangi penggunaan baterai, hal ini dapat mencegah orang-orang usil untuk berbuat tidak baik seperti mengakses shared folder yang kamu buat atau hal lainnya.

Mengurangi Kecerahan Layar dan Mencabut Perangkat Eksternal

Kamu bisa mengurangi kecerahan (brigthness) pada layar komputer Mac untuk menghemat baterai. Dengan tingkat brightness yang rendah, mata kita akan lebih nyaman untuk melihat layar dan juga tidak cepat lelah. Hal yang sama juga dapat kamu lakukan untuk backlight keyboard agar mendapatkan cahaya yang redup dan lebih nyaman.

Perangkat eksternal seperti USB flashdisk, hardisk external atau pembaca DVD eksternal sebaiknya dicabut saat kamu tidak menggunakannya. Hal ini juga bermanfaat untuk mencegah hal yang tidak diinginkan seperti listrik yang mati dan membuat hardisk eksternal dengan power listrik menjadi error. Selain itu tampilan komputer Mac kamu menjadi lebih manis tanpa kabel-kabel yang terhubung.

Akhir Kata

Menghemat baterai memang sangat penting terutama untuk kamu yang sering beraktifitas diluar seperti kuliah atau presentasi dengan rekan bisnis. Namun kembali lagi ke filosofi sebuah baterai, setelah digunakan pasti kapasitasnya akan berkurang dan harus diisi ulang.

[source site_name = “iMore” site_url = “http://www.imore.com/five-battery-saving-tips-your-macbook-air-or-macbook-pro”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest