Follow Us

Office365: Semua Hal Tentang Office di Mac, iPhone, dan iPad

Adham Somantrie - Rabu, 16 April 2014 | 15:12
Office365: Semua Hal Tentang Office di Mac, iPhone, dan iPad

Seiring dengan diluncurkannya aplikasi Microsoft Office untuk iPad dan OneNote untuk Mac, maka kini aplikasi Microsoft Office yang legendaris itu sudah tersedia untuk seluruh lini produk Apple. Tapi bagaimanakah cara menggunakan Office di ketiga perangkat tersebut? Microsoft secara tidak langsung memaksa kamu untuk beralih ke Office365. Memang, apa bedanya dengan Office yang selama ini kita pakai? Skema pembelian lisensinya.

Office365, Layanan Sewa Aplikasi

Office365 bisa dibilang bukan aplikasi, lebih cocok jika disebut sebagai sistem sewa aplikasi. Office365 bersifat langganan, bukan dijual, jadi kamu hanya “membeli lisensi” untuk periode waktu tertentu. Ditawarkan untuk periode satu tahun, sesuai namanya. Tapi tersedia pula opsi “ketengan” untuk pembayaran per bulan.

Ketika kamu menghentikan langganan atau masa langganannya habis dan tak diperpanjang, maka lisensi Office365 kamu akan “mati”.

OneDrive

OneDrive bisa dibilang sebagai pusatnya aktivitas Office di era cloud. OneDrive ini sebenarnya sederhana, semacam penyimpanan di cloud yang bisa tersinkronisasi dengan berbagai perangkat yang dihubungkan. Mirip iCloud disk, Dropbox, Google Drive, atau Adobe Cloud. OneDrive ini yang memungkinkan kamu bisa bekerja di banyak perangkat untuk satu dokumen. Misalnya membuat dokumen Word di iPad, lalu dilanjutkan di Mac. Tersinkronisasi.

OneDrive ditawarkan sebagai layanan gratis dengan kapasitas 7GB. Tentunya ada pilihan untuk peningkatan kapasitas dengan biaya. Untuk pelanggan Office365, kapasitas tambahan OneDrive sudah termasuk dalam paket langganan.

Microsoft Office di Mac

Untuk Mac OS X, secara teknis hampir tidak ada bedanya antara Office 2011 yang biasa digunakan dengan Office365. Karena Office365 bukanlah aplikasi, melainkan “langganan layanan” (service subscription). Jadi, aplikasi yang digunakan di Mac tetap saja Microsoft Office 2011 for Mac yang terdiri dari Word, Excel, PowerPoint, dan Outlook.

Tapi, ketika nanti Microsoft misalnya meluncurkan Office versi baru untuk Mac, katakanlah Office 2014, maka pelanggan Office365 aktif dapat langsung melakukan upgrade tanpa biaya.

Bagaimana kalau misalnya langganan Office365 sudah habis atau dihentikan? Office 2011 yang ada di Mac kamu akan tidak aktif, alias sudah menjadi tidak terlisensi lagi.

Sementara OneNote ditawarkan sebagai aplikasi gratis yang tersedia di Mac AppStore. Kamu tak butuh biaya apapun untuk menggunakannya. Begitu juga dengan OneDrive, gratis.

Microsoft Office di iPhone

Untuk iPhone, Microsoft hanya menyediakan aplikasi OneDrive, OneNote dan Microsoft Office Mobile.

Awalnya Office Mobile hanya disediakan untuk pelanggan Office365, tapi sekarang sudah bisa diakses secara gratis dan bebas. Tak perlu beli atau langganan berbayar. Tapi Office Mobile hanya bisa membuat dan mengolah berkas Word dan Excel. Sementara berkas PowerPoint hanya bisa melihat saja.

Editor : Adham Somantrie

Latest