Follow Us

Kenyataannya, Microsoft Office Adalah Aplikasi Asli Untuk Mac

Adham Somantrie - Minggu, 27 April 2014 | 13:21
Kenyataannya, Microsoft Office Adalah Aplikasi Asli Untuk Mac

Microsoft Office 2011 for Mac

Kenyataan terkadang memang pahit. Fanboy tentu saja selalu mengagungkan segala produk Apple, terlebih jika dibandingkan dengan produk Microsoft. Tapi, inilah kenyataannya, Microsoft Office memang merupakan aplikasi Mac, sebelum hadir kemudian untuk Windows.

Mengutip dari artikel di MacWorld berikut:

The history of Microsoft Office on the Mac

Word: A basic version of Word for MS-DOS was introduced in 1983 and then a WYSIWYG version appeared on the Mac in 1985. Word for Windows, the first WYSIWYG version of Word on PCs, came in 1989.

Excel: Macs had Excel in 1985, Excel didn’t come to Windows until 1987.

PowerPoint: PowerPoint was originally called Presenter and it was a Mac app introduced in 1987. Microsoft bought Presenter and introduced it to Windows as PowerPoint in 1990.

So now you know.

Memang, Word adalah aplikasi pertama dari keluarga Office, dan memang tidak diciptakan untuk Mac. Tapi tidak pula untuk Windows. Melainkan untuk MS-DOS. Tapi, Word for MS-DOS hanyalah pengolah kata sederhana saja. Sesederhana MS-DOS yang masih berbasis teks, tidak sesederhana nasi padang yang menawarkan aneka masakan. Word yang canggih dengan mengusung konsep WYSIWYG (what you see is what you get) pertama kali tersedia untuk pengguna Mac.

Begitu pula dengan Excel, pertama kali diterbitkan juga untuk pengguna Mac, bukan pengguna Windows.

Namun sedikit berbeda dengan PowerPoint. Sejatinya aplikasi ini adalah aplikasi Mac dengan nama Presenter dari Forethought. Karena masalah merk dagang, Presenter berganti nama menjadi PowerPoint sebelum akhirnya Forethought dibeli Microsoft dan “diternakkan” untuk platform Windows.

Inilah kenyataan, Fanboy…


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest