Follow Us

Ulasan, Tips, dan Trik Yang Perlu Kamu Tahu Tentang NDS4iOS

Bagus Hernawan - Jumat, 02 Mei 2014 | 12:30
Ulasan, Tips, dan Trik Yang Perlu Kamu Tahu Tentang NDS4iOS

Masih ingat emulator GBA4iOS untuk perangkat iOS yang pernah kami bahas beberapa waktu lalu? Nah, tidak berapa lama setelah emulator tersebut rilis, hadirlah NDS4iOS, emulator untuk bermain game Nintendo DS di perangkat iOS. Apa bedanya 2 emulator tersebut? Bagaimana dengan performa dan kehandalannya NDS4iOS? Tim MakeMac akan berbagi review NDS4iOS untuk kamu di artikel ini.

Perbedaan GBA dan NDS

Tidak, tidak sama sama sekali. GBA atau Game Boy Advance dan Nintendo DS adalah perangkat yang berbeda, baik dari segi waktu rilis maupun spesifikasi.

Game Boy Advance (GBA) dirilis pada tahun 2001 dan menggunakan teknologi CPU ARM7TMI berkecepatan 16.78 MHZ. Game handheld ini terlihat sangat sederhana karena menggunakan baterai AA sebaga sumber daya. Game populer pada masa kejayaannya sendiri adalah Mario, Pokemon, Kingdom Heart dan banyak lagi lainnya.

Nintendo Dual Screen (NDS) dirilis pada tahun 2004 dengan teknologi yang jauh lebih cepat dibanding GBA yaitu 2 buah ARM prosessor berkecepatan 67 MHz dan 33 Mhz. Pantas saja game-game NDS dibuat lebih dinamis dan berukuran lebih besar. Stylus untuk menekan layar berbentuk bulpen juga diberikan sebagai alat bantu input saat bermain game. Terdapat 3 model NDS yang beredar pada masa tersebut yaitu NDS Lite, NDSi dan NDSi XL.

Baca Juga:

Lalu, Menggunakannya?

Di laman NDS4iOS, kamu dapat menempuh beberapa cara untuk menginstal aplikasi ini, baik untuk perangkat Jailbreak atau tidak. Namun di samping itu, syarat utama untuk bermain game ini setelah menginstalnya sama dengan GBA4iOS, kamu harus memundurkan tanggal kalender ke tanggal sebelum 8 Februari 2014. Kenapa? Sederhananya, dapat dikatakan Apple merilis peraturan baru untuk membatasi para pengembang dalam mencoba aplikasi yang tidak terdaftar di App Store. Setelah aplikasi berhasil dibuka, kembalikan kalender seperti biasa namun ingat, jangan tutup aplikasi, cukup sembunyikan di multitasking.

Setelah membuka aplikasi, saatnya mengunduh game NDS favorit kamu. Saya sedikit kurang nyaman saat NDS4iOS mengunduh game melalui peramban Safari dan tidak dapat menampilkan progress bar. Jadi yang bisa kita lakukan hanyalah menunggu game selesai diunduh dan tampil pilihan untuk membuka di aplikasi NDS4iOS. Berbeda dengan GBA4iOS, kamu dapat melihat progress bar warna ungu di bagian atas list game yang sudah diunduh.

Sebetulnya ada juga cara lain yaitu mengunduh game di perangkat komputer dan memasukkannya lewat sinkronisasi di iTunes. Cara ini lebih cocok untuk kamu yang menggunakan internet kurang stabil dan ingin mengunduh game-game berukuran cukup besar.

Masih ingat 3 model NDS yang saya tulis di bagian atas? Beberapa teman mengeluh saat menggunakan NDS4iOS karena game yang dimainkan terasa sangat berat bahkan menggunakan perangkat iPad Mini Retina. Hal ini karena game yang dimainkan adalah game NDSi, dengan grafis yang lebih bagus dan tentu saja ukuran yang lebih besar – bisa mencapai 100 MB atau lebih. Bagaimana cara membedakan game NDS dan NDSi? Sejauh yang saya amati, kamu hanya bisa melihat ukuran file yang diunduh atau mencari informasi tambahan dari internet.

Jadi, Bagaimana Rasanya Menggunakan NDS4iOS ?

Bila tidak memperhatikan jenis permainan, saya condong untuk memilih GBA4iOS untuk bernostalgia. Ya, GBA4iOS terasa lebih ringan untuk digunakan pada perangkat iPhone 4 sedangkan NDS4iOS terasa sangat berat. Sang pengembang NDS4iOS juga telah menulis pada laman ini untuk menggunakan perangkat iOS dengan RAM diatas 512 MB.

Selain secara performa, antarmuka tombol NDS4iOS juga terasa sangat kecil. Saya sering salah pencet tombol dan dalam beberapa game, menekan 2 atau 3 tombol sekaligus terasa sangat sulit. Sedangkan pada GBA4iOS tombol virtual terasa lebih lega untuk ditekan dan responsif. Mungkin ini karena GBA4iOS hanya memiliki 2 buah tombol utama di sisi kanan yaitu A B, sementara NDS4iOS memiliki tombol X Y A B.

Akhir Kata

Seperti namanya yaitu emulator, yang berarti disesuaikan agar bisa berjalan di perangkat yang tidak seharusnya, GBA4iOS dan NDS4iOS pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Saya sendiri hanya menggunakan keduanya saat sedang santai atau sedang bersama teman-teman yang dulu sering bermain game-game tersebut.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest