Follow Us

Tips Menyalin Teks Lebih Cepat ke Stickies

Bagus Hernawan - Selasa, 20 Mei 2014 | 16:22
Tips Menyalin Teks Lebih Cepat ke Stickies

Pengguna OS X pasti tau Stickies, aplikasi pembuat catatan dengan logo kertas berwarna kuning. Bila selama ini kamu sering menggunakannya, kali ini tim MakeMac berbagi tips untuk membuat catatan lebih cepat dan mudah dilihat di Stickies.

Menggunakan Stickies

Seperti namanya Stickies yang berarti perekat, setiap catatan akan tampil seperti menempel di layar perangkat komputer. Kamu bisa menandai catatan penting dengan warna kertas berbeda seperti biru, hijau, merah muda, ungu atau abu-abu. Saya biasa menggunakan 3 warna saja yaitu biru, kuning dan merah muda.

Sudah membuat terlalu banyak catatan sehingga layar kamu penuh namun tidak ingin menghapusnya? Tutup saja lalu buka saat kamu memerlukannya. Caranya mudah, arahkan pointer mouse kamu pada baris paling atas salah satu catatan lalu klik 2x, maka catatan akan tertutup dan hanya tampil sebuah baris paling atas sebagai judulnya.

Menyalin Teks Langsung ke Stickies

Sering menemukan kata-kata menarik di laman internet lalu ingin menyimpannya di Stickies? Bila selama ini kamu harus menyalin lalu menempel (paste) ke stickies, sebetulnya Apple memberikan cara yang lebih cepat.

Cukup pilih serangkaian teks yang ingin kamu salin dari laman internet, lalu tekan shorcut ini: Command + Shift + Y. Seketika akan tampil selembar stickies baru berisi teks yang telah kamu pilih. Mudah dan cepat bukan?

Baca Juga: Noted, Pengolah Catatan Minimalis Dengan Format Markdown

Membuat Catatan Transparan dan Hadir di Depan

Kamu bisa membuat halaman catatan lebih menarik dengan membuatnya transparan dan selalu tampil di depan. Caranya sangat mudah, pilih salah satu catatan yang ada lalu tekan shortcut Command + Option + T untuk membuatnya transparan.

Sedangkan untuk membuat sebuah catatan selalu tampil di depan, tekan shortcut Command + Option + F. Hal ini sangat bermanfaat untuk catatan-catatan penting agar tidak tertutup dengan yang lainnya.

Akhir Kata

Membuat catatan memang sangat penting, namun hal yang lebih penting adalah mengorganisir sebuah catatan itu sendiri. Saran saya hapus setiap catatan yang sudah tidak diperlukan atau letakkan dalam sebuah tempat khusus sebagai dokumentasi agar tidak mengganggu kamu. Selamat mencoba ya.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest