Follow Us

Apple Mematenkan Teknologi Panel Surya Untuk Layar Sentuh

Andri Alfansyah - Rabu, 21 Mei 2014 | 16:59
Apple Mematenkan Teknologi Panel Surya Untuk Layar Sentuh

Apple dikabarkan oleh Apple Insider telah mendapatkan hak paten terkait layar panel surya yang terintegrasi dengan layar sentuh perangkat mobile pada Selasa kemarin. Paten ini menyusul keinginan Apple untuk menghadirkan sistem panel surya hibrid yang bisa digunakan baik di layar sentuh maupun di layar fleksibel.

Paten baru dengan nomor kode 8.730.179 ini dikeluarkan oleh Kantor Merek dan Paten Amerika (USPTO). Paten ini menjelaskan sistem hibrid dimana satu atau lebih sensor sentuh dan satu atau lebih lapisan layar panel surya terintegrasi dalam satu tumpukan. Sehingga, hal ini akan dapat menghemat ruang bagi casis iPhone.

Integrated touch sensor and solar panel stack-up configurations that may be used on portable devices, particularly handheld portable devices such as a media player or phone are disclosed. The solar cell stack-up configurations may include one or more touch sensor layers and one or more solar cell layers. By integrating both the touch sensors and the solar cell layers into the same stack-up, surface area on the portable device may be conserved.

Panel surya tersebut dijelaskan dapat pula diletakan terbalik, sehingga panel surya ini menghadap jauh dari pengguna. Dengan desain seperti ini, panel surya tidak bisa bereaksi dalam mode optikal karena yang bisa menggunakannya hanya susunannya saja bukan lapisan layar sentuh kapasitif.


Baca juga:


Panel surya ini dijelaskan lebih lanjut bukan satu-satunya sumber utama listrik, melainkan sebagai sumber listrik cadangan saja atau bisa juga cara Apple untuk meningkatkan efisiensi sistem panel surya itu seiring berkembang pesatnya teknologi perangkat mobile dan panel surya.

Berbicara tentang paten panel surya ini, Apple pernah dikabarkan sedang meneliti tiga teknologi charging buat iWatch. Bisa jadi teknologi yang dijelaskan dalam paten baru ini akan terapkan dalam produk wearabale pertama mereka ini.

[source site_name = “Apple Insider” site_url = “http://appleinsider.com/articles/14/05/20/apple-updates-solar-patent-to-include-multitouch-flexible-displays”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest