Follow Us

Review Folx 3, Download Manager Dengan Fitur Tag

Bagus Hernawan - Senin, 02 Juni 2014 | 09:45
Review Folx 3, Download Manager Dengan Fitur Tag

Aplikasi download manager apa yang jadi favorit kamu? Pertanyaan ini sering sekali saya jumpai bila bertemu pengguna OS X terutama yang baru berpindah dari sistem operasi lain. Kali ini saya mendapatkan kesempatan untuk berbagi review salah satu download manager dari Eltima Software yaitu Folx 3.

Sang pengembang menghadirkan Folx 3 dalam 2 versi yaitu Folx 3 Free dan Folx 3 Pro. Tentu saja versi Pro memiliki beberapa fitur yang lebih lengkap. Namun tidak ada salahnya jika kamu mencoba versi Free terlebih dahulu yang dapat diunduh pada laman Folx 3 Free.

FItur yang Dimiliki Folx 3

Layaknya aplikasi serupa, Folx 3 sudah terintegrasi dengan peramban seperti Safari atau Firefox. Kamu dapat mengunduh browser extension dari menubar Folx 3 > Preferences > Browsers, tekan tombol Install Extensions agar kamu dapat diarahkan untuk memilih peramban yang digunakan dan mengunduh extensions.

Folx 3 juga mendukung fitur tagging untuk file yang ingin diunduh agar nantinya dapat dicari lebih mudah. Kamu juga dapat membuat folder untuk menyimpan hasil unduhan secara terpisah berdasarkan tag.

Dari sisi antarmuka, Folx 3 menghadirkan desain yang sederhana namun sangat menarik. Terdapat 2 kolom yang menampilkan daftar file yang telah diunduh pada sebelah kiri dan daftar Tags yang sudah dibuat pada sebelah kanan. Filterisasi juga dapat kamu lakukan dari 5 ikon yang ada di bagian bawah untuk melihat semua file, file yang sedang diunduh, file yang gagal diunduh, serta penjadwalan pengunduhan.


Baca Juga:


Mengunduh Dengan Folx 3

Seperti namanya yaitu download manager, aplikasi tersebut harus dapat berfungsi mengatur data yang ingin kita unduh dengan baik. Selain integrasi dengan peramban yang sudah dibahas diatas, kamu dapat melakukan pengaturan lain. Seperti menamai ulang file sebelum memulai proses mengunduh, memberikan Tags atau memberikan deskripsi mengenai file tersebut.

Sebagai catatan, tidak semua laman website dapat terintegrasi dengan fitur mengunduh dari Folx 3. Cara manual yang dapat kamu lakukan adalah menyalin tautan tersebut lalu menempel (paste) ke Folx 3 dengan memilih File > New Task.

Pengguna Folx 3 Pro dapat memiliki beberapa fitur mengunduh yang lebih lengkap yaitu penjadwalan (mendaftarkan sebuah file untuk diunduh pada jam yang kamu inginkan), pengaturan kecepatan (memberikan batasan kecepatan yang berbeda-beda untuk setiap file) dan integrasi ke aplikasi iTunes.

Sebagai catatan, Folx 3 sekarang meniadakan fitur mengunduh dan mencari file Torrent. Namun tenang saja, fitur mengunduh dari akun file hosting dengan metode konvensional tetap dapat kamu nikmati dengan nyaman.

Akhir Kata

Antarmuka yang mudah diakses, pengaturan yang lengkap dan mendukung banyak fitur menarik pada versi Pro membuat Folx 3 pantas untuk segera kamu coba. Unduh Folx 3 Free dan nikmati fitur yang diberikan, bila tertarik untuk menikmati yang lebih lengkap segera beli Folx 3 Pro dengan harga $ 19.95 di laman sang pengembang.

[source site_name = “Eltima” site_url = “http://mac.eltima.com/download-manager.html”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest