Follow Us

Review Disk Drill: Ambil Data Hilang Dengan Mudah

Bagus Hernawan - Senin, 02 Juni 2014 | 14:53
Review Disk Drill: Ambil Data Hilang Dengan Mudah

Pernahkah kamu kehilangan data baik di media hardisk internal, flashdisk ataupun memory kamera? Bila semua itu masih mengendap di Trash, kemungkinan untuk mengambilnya cukup mudah. Namun akan menjadi masalah besar bila data tersebut sudah lenyap dari tong sampah atau media penyimpanan tersebut sudah diformat. Bila itu yang sering kamu alami, coba gunakan Disk Drill dari pengembang Clever Files untuk menyelamatkan data-data yang hilang.

Sepintas Tentang Recovery Data

Berapa persen kemungkinan sebuah data bisa dikembalikan? Jawabannya tergantung perilaku yang sudah kamu berikan kepada media penyimpanan, terutama setelah data tersebut hilang. Sebaiknya hindari menambahkan atau menghapus data di media tersebut. Karena semakin sering data berubah, kemungkinan data dapat dikembalikan juga semakin berkurang. Bahkan setelah data berhasil dikembalikan, bisa jadi hasilnya tidak sempurna (contohnya dokumen dengan jumlah halaman yang banyak, beberapa halaman tidak terbaca).

Cara Kerja Disk Drill

Hubungkan media penyimpanan (bila bersifat eksternal) ke komputer Mac, lalu buka Disk Drill dan lakukan mode scanning. Sebagai percobaan, saya memformat sebuah flashdisk 8 GB dengan berbagai data seperti dokumen, video, gambar berukuran total 5 GB.

Setelah selesai mode scanning, kamu dapat melihat data tersebut menggunakan fitur Quick Look bawaan OS X. Sang pengembang menghadirkan fitur ini karena biasanya nama file yang asli sudah hilang, diganti dengan nomor urut yang sedikit menyulitkan bila terdapat banyak sekali data. Jangan lupa berikan tanda check-list di sebelah kiri list dokumen untuk menambahkannya ke daftar data yang akan dikembalikan.

Sebelum menekan tombol Recover di kanan atas, pastikan posisi penyimpanan data yang ada di bagian atas sudah kamu atur. Saran saya untuk sementara, simpan data di media penyimpanan lain, jangan di media yang baru saja kamu pindai. Sekarang saatnya kamu melihat hasilnya, apakah dokumen atau file multimedia yang diambil tadi dapat berjalan sempurna?

Pengaturan Tambahan di Disk Drill

Aplikasi ini juga mendukung pengaturan tambahan yang berhubungan dengan hak akses terhadapnya. Ya, kamu dapat mengatur password agar teman atau keluarga kamu tidak bisa menggunakan Disk Drill tanpa kata sandi yang sudah diberikan. Caranya mudah saja, pada menu bar klik Disk Drill > Preferences > Security. Masukkan Master Password dan buat cadangannya di akun email milikmu. Pengaturan lain yang tersedia di bagian ini adalah tab untuk mengatur S.M.A.R.T monitoring, tipe file, Disk List dan mengecek pembaruan.


Baca Juga: FileVault: Fitur Pengaman Canggih OS X Yang Terabaikan


Hasil Akhir Review Disk Drill

Saya sudah mengecek satu-persatu file yang berhasil dikembalikan oleh Disk Drill. File multimedia seperti gambar dan video berhasil kembali dengan sempurna, namun dokumen seperti laman safari yang saya simpan tidak dapat digunakan karena terpecah menjadi banyak dokumen lain. Bagi kamu yang sedang mengalami masalah kehilangan data, Disk Drill patut untuk kamu coba.

Sang pengembang menghadirkan Disk Drill dalam versi gratis dan beberapa versi Pro. Sayang sekali untuk versi gratis hanya dapat melakukan scanning terhadap media penyimpanan saja, tanpa bisa mengembalikannya. Bagi kamu yang berminat membeli Disk Drill Pro, pilih tipe akun yang kamu butuhkan dari Pro, Expert, dan Enterprise pada laman sang pengembang.

[source site_name = “Clever Files” site_url = “http://www.cleverfiles.com”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest