Follow Us

WWDC 2014 Hadirkan SDK dan Bahasa Pemrogaman Baru

Bagus Hernawan - Selasa, 03 Juni 2014 | 03:52
WWDC 2014 Hadirkan SDK dan Bahasa Pemrogaman Baru

Acara WWDC 2014 yang dihelat oleh Apple baru saja selesai disiarkan secara live streaming. Ada beberapa hal yang menarik bagi kamu para pengembang yang selama ini sudah berpengalaman di dunia pemrogaman aplikasi iOS dan OS X.

Mengusung tagline 25 Years of Coding di sampul gift card yang diberikan pada para peserta, Apple hendak membisikkan sesuatu. Ya, sesuatu yang sangat dekat bagi para pengembang yaitu sekumpulan SDK baru dan sebuah hal yang sangat menarik yaitu bahasa pemrogaman baru.

Craig Federighi menyampaikan bahwa pembaruan SDK kali ini adalah yang terbesar semenjak kehadiran App Store. Para pengembang nantinya dapat menikmati sekitar 4000 API terbaru dan communication framework yang dinamai Extensibility.

SDK atau singkatan dari Software Development Kit adalah rangkuman tools yang dapat digunakan oleh para pengembang dalam membuat aplikasi. Apple menghadirkan beberapa SDK baru, antara lain adalah Metal (berhubungan dengan kinerja grafis), Health Kit (aplikasi kesehatan), Home Kit (menghubungkan perangkat iOS dengan perangkat keamanan rumah tangga), Extensions untuk memperluas kemampuan perambang Safari dan CloudKit untuk menyimpan data aplikasi pengembang secara online.


Baca Juga: Apple Memberikan Souvenir Dan Gift Card Buat Peserta WWDC 2014


Selain menghadirkan beberapa SDK yang sangat menarik, ada hal baru yang juga menyita banyak perhatian para pengembang. Apple merilis sebuah bahasa pemrogaman baru bernama Swift. Kamu akan mendapatkan cara yang lebih sederhana untuk coding dan mendapatkan barisan source code yang lebih minimalis bila menggunakan Swift.

Seperti yang sudah kamu lihat, WWDC 2014 memang sangat memanjakan para pengembang. Berbagai fitur baru akan dihadirkan agar para pengembang dapat semakin produktif dan kreatif dalam membuat aplikasi. Kita tunggu saja, aplikasi apa saja yang akan dihadirkan oleh para pengembang menggunakan teknologi dari Swift.

[source site_name = “Apple Developer” site_url = “https://developer.apple.com/technologies/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest