Follow Us

Buat CV Dengan Indah dan Cepat Menggunakan RadResume

Bagus Hernawan - Jumat, 06 Juni 2014 | 15:05
Buat CV Dengan Indah dan Cepat Menggunakan RadResume

Curicullum Vitae (CV) adalah ringkasan data diri pribadi yang biasa digunakan dalam berbagai kegiatan seperti melamar kerja atau melanjutkan pendidikan. Bagi para desainer atau pekerja di dunia kreatif, membuat CV dengan tampilan menarik adalah suatu kewajiban. Nah, kamu juga bisa membuat CV serupa, namun menempuh cara yang lebih mudah dan cepat menggunakan sebuah aplikasi di iOS bernama RadResume.

Aplikasi karya pengembang Kenny Louie ini dapat kamu unduh gratis dan memiliki banyak pengaturan menarik di dalamnya. Tim MakeMac sudah sempat mencobanya beberapa waktu lalu dan kali ini akan menghadirkan review RadResume untuk kamu semua.

Buat CV di RadResume

Aplikasi ini memiliki antarmuka dengan warna utama hitam dan merah. Pertama kali menggunakannya, kamu akan disuguhkan beberapa penjelasan yang sangat membantu dalam membuat CV. Pertama kamu hanya perlu menekan teks Add New Resume di bagian kiri bawah, lalu tuliskan nama kamu sebagai data awal. Nantinya nama tersebut akan tampil di list CV yang pernah dibuat menggunakan aplikasi ini.

Kamu dapat membuat CV menggunakan 2 cara: mengetik data secara manual atau menghubungkan RadResume dengan CV yang pernah kamu buat di akun LinkedIn. Untuk kali ini mari kita coba metode mengetik data secara manual.

Terdapat 4 bagian yang dapat diisi dan dipilih untuk membuat CV, yaitu Personal* Info* (diisi dengan data diri pribadi), Template (desain CV), Cover Letter (teks yang akan ditulis di sampul depan) dan Color untuk mengubah warna template.

Isi terlebih dahulu data-data pribadi di Personal Info; semakin lengkap berarti semakin bagus. Setelah itu isi data yang akan kamu tampilkan di Cover Letter. Bila tidak ingin menggunakannya, kamu dapat menonaktifkan Cover Letter menggunakan pengaturan yang ada di dalam. Bila sudah, kamu dapat mulai memilih template yang ingin digunakan beserta warna yang cocok.

Menambahkan Data Lain

Data yang kamu isi diatas hanya seputar data diri dan sampul CV saja kan? Nah untuk menambahkan data lain seperti pengalaman kerja, pendidikan dan lain sebagainya, cukup tekan teks Add Section di bagian bawah layar dengan warna kuning.

Tambahkan sub-data Summary/Objectives, Work Experience, Education/Training, dan Text Section sesuai kebutuhan kamu di CV tersebut. Nantinya setiap sub-data yang aktif akan tampil di halaman utama aplikasi pada bagian data pengguna. Kamu juga bisa menghapus Section tersebut dengan cara menekan teks Edit Sections dan menghapusnya dari list. Mudah bukan?

Cetak dan Simpan CV

Begitu selesai menginput data dan memili desain yang menarik, kamu dapat langsung mengirim CV tersebut melalui email, mencetak menggunakan printer berteknologi WiFi atau menyimpannya di akun Dropbox.

Sangat mudah untuk melakukan ketiga hal tersebut. Cukup kembali ke halaman depan aplikasi, tempat kamu bisa memilih data pengguna berdasarkan nama. Tap di salah satu nama lalu tekan teks Share, lalu pilih Print untuk mencetak, Mail untuk mengirimkannya ke akun email dan Dropbox untuk menyimpan ke akun cloud service tersebut.


Baca Juga: Resume Designer Pro 2.0: Membuat Curicullum Vitae Lebih Mudah dan Keren


Tertarik Menggunakan RadResume?

Saya sudah sempat mencoba menggunakan RadResume dan hasil dokumen .PDF dari apilkasi ini berkualitas cukup baik. Meskipun kamu harus membeli beberapa template tambahan untuk membuat CV yang lebih menarik, namun tidak ada salahnya menggunakan template bawaan yang berdesain minimalis.

Segera unduh RadResume untuk perangkat iPad dan iPhone dengan batasan sistem operasi iOS 7. Gratis..!

Download ร‚ยท Harga:


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest