Follow Us

Liputan ICS & FKI 2014: Hardisk Eksternal Koneksi Thunderbolt

Bagus Hernawan - Minggu, 08 Juni 2014 | 15:42
Liputan ICS & FKI 2014: Hardisk Eksternal Koneksi Thunderbolt

Masih mengenai liputan acara pameran Indonesia Celular Show dan Festival Komputer Indonesia, tim MakeMac kembali hadir di hari terakhir dari acara yang berlangsung di Jakarta Convention Center. Perhatian kamu tertuju pada salah satu peserta pameran dari distributor merk hardisk WDC. Ada beberapa perangkat penyimpanan eksternal yang membuat saya berhenti dan sejenak mengamatinya. Perangkat tersebut adalah hardisk eksternal WDC berkoneksi Thunderbolt.

Terdapat beberapa edisi untuk tipe koneksi Thunderbolt salah satunya My Passport Pro untuk seri penyimpanan portable berukuran hardisk 2.5 inch. Sedangkan untuk ukuran hardsik 3.5 inch atau yang memerlukan adaptor listrik ada 2 jenis yaitu My Book Thunderbolt Duo dan My Book Velociraptor. Masing-masing produk tersebut memiliki detail spesifikasi dan kelebihan yang handal.

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

My Passport Pro adalah seri portable yang tidak memerlukan koneksi listrik dan berukuran kecil sehingga mudah dibawa. Kabel Thunderbolt yang diberikan sengaja dibuat menyatu dengan hardisk, agar tak ada lagi kata tertinggal di saat kamu memerlukannya. Desainnya memang sedikit lebih tebal dibandingkan seri My Passport lainnya karena kamu akan mendapatkan 2 buah hardisk sekaligus di dalammnya, baik untuk kapasitas 2 TB maupun 4 TB.

Seri My Book Thunderbolt Duo juga terkesan sangat kokoh dan cukup besar karena menggunakan 2 buah hardisk berukuran 3.5 inch sebagai media penyimpanan. Kelebihan dari seri ini adalah memiliki 2 port Thunderbolt yang dapat kamu gunakan untuk menyambungkan perangkat serupa secara bergandeng (daisy chain). Pengguna profesional juga dapat mengaktifkan mode RAID 1 untuk membuat cadangan data di salah satu hardisk tersebut secara otomatis.


Baca Juga: Liputan ICS & FKI 2014: Berburu Stylus Keren Adonit


Seri paling tinggi dari My Book dengan koneksi Thunderbolt diberi nama My Book Velociraptor Duo. Kamu dapat memperoleh kecepatan paling tinggi di seri ini karena menggunakan media hardisk 3.5 inch berkecepatan 10 ribu RPM. Pantas saja jika My Book Velociraptor dapat menyalin file dengan kecepatan sekitar 400 MB/s. Permukaannya yang berwarna hitam dan juga memiliki 2 buah port Thunderbolt serta mendukung RAID 1 membuat My Book Velociraptor cocok untuk kamu yang mendambakan kecepatan akses tingkat tinggi dan kemudahan membuat backup.

Segera kunjungi stand WDC di hari terakhir pameran ICS dan FKI 2014 yang digelar di JCC hingga malam nanti. Selamat berakhir pekan ya.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest