Follow Us

Google Resmi Merilis Android Auto, Pesaing CarPlay

Andri Alfansyah - Kamis, 26 Juni 2014 | 11:01
Google Resmi Merilis Android Auto, Pesaing CarPlay

Google baru saja menggelar konferensi I/O buat pengembang. Dalam konferensi tersebut, Google seperti yang telah direncanakan mengumumkan secara terang-terangan pesaing CarPlay besutannya yang disebut dengan Android Auto.

Dilaporkan oleh 9to5Mac, seperti halnya CarPlay, Android Auto dirancang sebagai sistem operasi hiburan yang bisa diakses di dalam kendaraan dengan menggunakan perintah suara via Google Now. Dengan fitur tersebut, pengguna dapat mengakses beragam aplikasi dan hiburan, seperti Google Maps, pesan SMS, musik, dan lainnya.

Sejumlah pabrikan mobil ternama pun turut mendukung Android Auto ini, seperti Maserati, Mazda, Mitsubishi, Nissan, Renault, Subaru, Suzuki, Volkswagen, Volvo, Bentley, dan lainnya. Di antara mereka juga ada pabrikan mobil yang telah menyatakan dukungannya terhadap CarPlay, yaitu Volvo, Hyundai, dan Honda. Honda bahkan mengkonfirmasi bahwa mereka akan menghadirkan dua platform tersebut di dalam mobil mereka sekaligus mulai 2015 mendatang.


Baca juga:


Selain pabrikan mobil, banyak penyedia head unit dalam kendaraan ini juga menyatakan dukungan terhadap Android Auto, seperti Pioneer, Parrot, dan Alpine. Sangat menarik untuk diketahui bahwa Pioneer dan Alpine sebelumnya juga telah menyatakan ketertarikan mereka untuk menjual produk pendukung CarPlay tahun ini.

CarPlay ternyata membuka banyak kemungkinan untuk terjadi. Dalam hal ini, sistem operasi mobil besutan Apple ini menjadi inspirasi lawan terbesarnya, yaitu Google, untuk menghadirkan teknologi yang mirip. Haruskah Apple was-was dengan Android Auto dari Google ini?

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “http://9to5mac.com/2014/06/25/car-makers-will-offer-android-auto-alongside-carplay-later-this-year/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest