Follow Us

Apple Memangkas Durasi Preview Lagu di iTunes Menjadi 30 Detik

Andri Alfansyah - Jumat, 11 Juli 2014 | 16:07
Apple Memangkas Durasi Preview Lagu di iTunes Menjadi 30 Detik

Sebelum kamu membeli musik di iTunes, Apple memberikan preview lagu berdurasi yang cukup panjang sekitar 90 detik untuk memastikan bahwa kamu tidak salah membeli lagu atau album. Namun, ada kabar kurang baik karena Apple kabarnya telah memangkas durasi durasi preview lagu di iTunes ini menjadi hanya 30 detiknya saja.

Kabar ini ramai diperbincangkan di forum MacRumors. Seorang penggunanya melaporkan hampir semua lagu dan album yang diperiksanya memiliki durasi lebih pendek 60 detik tersebut.

As early as a few hours ago these were all 90 seconds! If you remember, Apple made a big deal about switching to extended previews, now a lot of songs are reverting back. Seeing more 30-second previews now than 90-second on most albums I’ve checked.

Sejak 2010 lalu, Apple telah lama menyediakan fitur preview lagu sekitar 90 detik di iTunes untuk lagu yang memiliki durasi lebih dari 2 menit 30 detik. Fitur ini memberikan kamu waktu mendengarkan musik lebih lama sebelum membelinya di iTunes.

Walaupun begitu ada pengecualian bahwa tidak semua lagu memiliki durasi preview pendek. Album-album tertentu yang masuk daftar Top Chart Apple diketahui masih memberikan durasi preview 90 detik. Hal ini mengindikasikan bahwa pemangkasan ini terbatas pada label dan penyanyinya.

Baca juga:

Ketika saya melakukan pengecekan sendiri di iTunes regional Indonesia, Beberapa lagu yang saya cek, seperti lagu “Chandelier” dari Album baru milik Sia berjudul “1000 Forms of Fear”, lagu “Pelan-Pelan Saja” dari Kotak, dan lagu “We Will Not Go Down” dari Michael Heart, semua lagu tersebut tetap menawarkan durasi preview 90 detik. Namun di Amerika album Sia di atas dilaporkan memberikan durasi preview 30 detik.

Saya mengasumsikan bahwa Apple belum memberlakukan pemangkasan durasi preview lagu ini secara menyeluruh di semua regional iTunes Store. Terlebih, belum ada pernyataan resmi dari Apple terkait pemangkasan durasi ini.

[source site_name = “MacRumors” site_url = “http://www.macrumors.com/2014/07/10/apple-cuts-song-previews/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest