Follow Us

Selamat Ulang Tahun App Store yang Keenam

Andri Alfansyah - Jumat, 11 Juli 2014 | 18:47
Selamat Ulang Tahun App Store yang Keenam

Enam tahun lalu tepatnya tanggal 10 Juli 2008, toko aplikasi buat iPhone, App Store, telah lahir ke dunia. Di hari jadinya yang keenam ini, App Store pun kini telah bertransformasi menjadi ladang ceruk yang paling menguntungkan dan menjadi toko aplikasi dengan pertumbuhan paling cepat dengan memiliki jutaan aplikasi di dalamnya.

Awalnya, antarmuka App Store masih sederhana dengan sedikit aplikasi, tidak banyak seperti sekarang ini. Seperti apakah App Store ketika diungkap pertama kali oleh mendiang Steve Jobs pada 2008 lalu? Simak videonya berikut ini:

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Pada ulang tahunnya yang keenam tahun ini, App Store tercatat memiliki sekitar 1.2 juta aplikasi. Bahkan pada WWDC yang baru lalu, App Store diumumkan berhasil mencatatkan rekor 75 milyar unduhan. Sebuah pencapaian luar biasa bagi toko aplikasi mobile yang baru berumur lebih dari setengah dekade ini. Jumlah aplikasi dan unduhan ini akan terus meningkat seiring berlalunya waktu.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, App Store adalah ladang uang yang sangat menguntungkan bagi semua pihak terkait, yaitu tidak hanya bagi Apple, tetapi juga para pengembang dan para penggunanya. Awal tahun ini, para pengembang iOS mendapatkan bayaran mencapai 15 milyar dollar sejak App Store dibuka pada 2008. Pada 2013, transaksi di App Store tercatat mencapai 10 milyar dollar. 1 milyar di antaranya didapat pada bulan Desember saja.

Beralih ke jumlah pengguna iTunes per April 2014, iTunes tercatat memiliki 800 juta pengguna di seluruh dunia. Kebanyakan dari mereka memiliki kartu kredit untuk mengakses beragam layanan yang ada di dalam iTunes Store.

Baca Juga: Selamat Ulang Tahun Ketujuh, iPhone! Teruslah Berinovasi

Sebelum 2010, App Store awalnya hanya tersedia bagi pengguna iPhone dan iPod Touch. Namun, Apple akhirnya menghadirkan App Store buat iPad pada tanggal 3 April 2010 silam. Menyusul suksesnya App Store buat iPhone, iPod, dan iPad, Apple membawa App Store ke Mac dalam OS X 10.6.6 yang dirilis pada 6 Januari 2011.

Apple tidak berhenti untuk terus meningkatkan toko aplikasinya ini dengan beragam fitur baru, seperti in-app-purchases, backup icloud, dan beragam koleksi aplikasi sesuai dengan kategori-kategorinya. Di iOS 8 mendatang pun, Apple juga akan menghadirkan fitur baru di App Store, yaitu Shared Family Account, tab Explore untuk menemukan aplikasi baru. Selain itu, Apple akan memberikan tool baru buat pengembang, seperti TestFlight dan penjejak analitik.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest