Follow Us

Mengapa iTunes Pass Cocok Hadir di Indonesia

Fauzan Alfi - Rabu, 16 Juli 2014 | 11:28
Mengapa iTunes Pass Cocok Hadir di Indonesia

iTunes Pass di laman Apple Japan

Pemasaran konten digital di Indonesia memiliki permasalahan tersendiri. Salah satu permasalahan yang masih berbelit adalah sistem pembayaran yang cocok digunakan di Indonesia. Dalam praktiknya, masyarakat masih terbiasa dengan sistem pembayaran konvensional seperti transfer antar bank atau sistem Cash on Delivery (CoD). Selain mudah, dua cara tersebut memberi rasa aman dan percaya yang lebih kepada pihak penjual dan pembeli.

Bagaimana dengan di luar sana? Mayoritas masyarakat di beberapa negara telah memiliki dan menggunakan kartu kredit sebagai alat transaksi secara online. Hal yang berbeda terjadi di Indonesia di mana per tahun 2013, jumlah pengguna kartu kredit masih di sekitar angka 6% dari jumlah penduduk. Selain itu, masyarakat masih banyak yang ragu akan keamanan transaksi dengan kartu kredit. Apalagi dengan maraknya pembobolan kartu, masyarakat semakin enggan menggunakan kartu kredit. Sehingga, mau tak mau pemain online store harus membuka cara pembayaran konvensional. Lalu, bagaimana seharusnya Apple menyikapi hal tersebut?

Banyak orang yang menyarankan agar Apple membuka jalur pembayaran di iTunes Store dan App Store dengan sistem potong pulsa. Sistem ini telah diadopsi oleh Google untuk sistem operasi Android dan Microsoft untuk sistem operasi Windows Phone. Namun, nampaknya Apple menggunakan cara yang cukup unik dan juga tetap familiar yaitu iTunes Pass.

Apa itu iTunes Pass?

Secara diam-diam, iTunes Pass diluncurkan oleh Apple sebagai alternatif cara untuk mengisi saldo pada akun iTunes Store dan dihadirkan di dalam aplikasi Passbook layaknya iTunes Gift Card. Hingga saat ini, iTunes Pass baru tersedia untuk pengguna iTunes Store di Jepang. Untuk menggunakannya, pengguna cukup datang ke Apple Retail Store terdekat dan menghampiri seorang Specialist untuk mengisi deposit akun iTunes Store miliknya.

Pengguna cukup menunjukkan iTunes Pass pada Passbook, petugas akan memindai QR Code yang ada dan kemudian pengguna membayar sejumlah deposit yang ingin dimasukkan. Setelah itu, saldo akan bertambah secara langsung sejumlah yang dibayarkan. Saat ini, iTunes Pass hanya dapat dinikmati oleh pengguna di Jepang. Belum ada kabar kapan iTunes Pass dapat dinikmati di negara selain Jepang.

Cocokkah iTunes Pass diterapkan di Indonesia?

Ya, cocok. Mengapa saya langsung mengatakan ya? Sistem iTunes Pass tidak lain dan tidak bukan adalah serupa dengan sistem pembelian pulsa telepon di kasir atau konter minimarket. Masyarakat di kota-kota besar sudah sangat familiar dengan praktik seperti ini. Saya yakin iTunes Pass dapat diadopsi dengan baik di Indonesia.

Hanya saja ada beberapa hal yang harus dibereskan. Pertama, Apple harus bekerjasama dengan pihak ketiga di Indonesia atau Apple harus mendirikan Apple Retail Store di Indonesia untuk menghadirkan iTunes Pass. Kedua, sistem iTunes Pass harus dipastikan benar-benar matang termasuk sosialisasinya ke pihak terdepan yang berhadapan langsung dengan pelanggan. Ketiga, mungkin lebih berkaitan dengan regulasi pemerintah setempat.


Baca Juga: Apple Menjadi Pemilik Sah “Passbook”


Simpulan

iTunes Pass dapat menjadi cara terbaik bagi pengguna piranti Apple di Indonesia untuk dapat menikmati konten digital secara legal, baik itu musik, film maupun aplikasi Mac & iOS. Sehingga, pengguna juga bisa membeli aplikasi berbayar buatan dalam negeri. Selain itu, iTunes Pass dapat menghilangkan ketergantungan pengguna untuk membeli iTunes Gift Card dari pihak ketiga. Pengguna akan menikmati sistem pembayaran di iTunes Store dan App Store semudah mengisi pulsa. Apple harus menerapkan iTunes Pass secepatnya di Indonesia.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Fauzan Alfi

Latest