Follow Us

Laporan Keuangan dan Penjualan Apple Kuartal Ke-3 2014

Andri Alfansyah - Rabu, 23 Juli 2014 | 09:47
Laporan Keuangan dan Penjualan Apple Kuartal Ke-3 2014

Seperti yang telah dijanjikan awal Juli lalu, Apple hari ini telah mengumumkan dengan resmi hasil laporan keuangan dan penjualan mereka selama kuartal ketiga yang dimulai dari periode April-Juni tahun 2014. Pada kuartal ketiga ini, Apple berhasil meraih jumlah total pendapatan sebanyak $37,4 milyar dengan keuntungan bersih mencapai $7,7 milyar dan gross margin sebesar 39,4 persen.

Hasil ini naik dari kuartal yang sama di tahun sebelumnya, yakni sebesar $35,3 milyar dengan keuntungan pendapatan bersih mencapai $6,9 milyar. Walaupun begitu, hasil ini menurun jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya yang mencapai $45.6 milyar dengan pendapatan bersih sebesar $10.2 milyar.

Dalam jumlah total penjualan produk-produk Apple, iPhone tetap menjadi produk penyumbang terbesar dengan 35,2 juta unit yang berhasil dijual. Namun, penjualan iPhone ini turun dari kuartal sebelumnya yang sebesar 43,7 juta unit.

Begitu juga dengan iPad dan iPod yang masing-masing berhasil dijual sebanyak 13,2 juta unit dan 2,9 juta unit. Pada kuartal sebelumnya, Apple berhasil menjual iPad sebanyak 19,5 juta dan iPod sebanyak 5,6 juta. Mac adalah satu-satunya produk yang berhasil naik ke angka 4,4 juta dari sebelumnya di bawah 4 juta.

Baca Juga: Laporan Keuangan dan Penjualan Apple Kuartal ke–2, 2014

Dalam pengumuman laporan keuangan Apple ini, CEO Apple Tim Cook mengatakan kegembiraannya terkait produk-produk dan layanan baru mendatang untuk mendorong pertumbuhan penjualan produk-produknya kembali.

“Our record June quarter revenue was fueled by strong sales of iPhone and Mac and the continued growth of revenue from the Apple ecosystem, driving our highest EPS growth rate in seven quarters,” said Tim Cook, Apple’s CEO. “We are incredibly excited about the upcoming releases of iOS 8 and OS X Yosemite, as well as other new products and services that we can’t wait to introduce.”

Chief Financial Officer Apple yang baru, Luca Maestri, juga menyatakan keuntungan-keuntungan besar Apple selama kuartal ketiga itu.

“We generated $10.3 billion in cash flow from operations and returned over $8 billion in cash to shareholders through dividends and share repurchases during the June quarter,” said Luca Maestri, Apple’s CFO. “We have now taken action on over $74 billion of our $130 billion capital return program with six quarters remaining to its completion.”

Apple juga memberikan proyeksi pendapatannya yang lebih besar untuk kuartal keempat mendatang.

  • revenue between $37 billion and $40 billion
  • gross margin between 37 percent and 38 percent
  • operating expenses between $4.75 billion and $4.85 billion
  • other income/(expense) of $250 million
  • tax rate of 26.1 percent
Pendapatan Apple pada kuartal ketiga tahun ini kurang begitu mengesankan. Hal ini pun sebenarnya dapat dimaklumi karena sepinya produk-produk baru. Namun, pendapatan Apple di kuartal selanjutnya diharapkan akan meningkat signifikan ketika mereka meluncurkan produk-produk barunya nanti, yaitu iPhone 6, iPad Air 2, iPad Mini 3, MacBook Air Retina, iMac Retina, dan lainnya.

[source site_name = “Apple” site_url = “http://www.apple.com/pr/library/2014/07/22Apple-Reports-Third-Quarter-Results.html”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest