Follow Us

Apple Miliki Pelatihan Internal Rahasia Bernama Apple University

Andri Alfansyah - Selasa, 12 Agustus 2014 | 10:54
Apple Miliki Pelatihan Internal Rahasia Bernama Apple University

Tak ada banyak yang tahu bahwa Apple memiliki program pelatihan internal yang dinamakan dengan Apple University. Apple University yang berada di markas besar Apple di Infinite Loop, Cupertino, California ini memang sangat rahasia. Namun New York Times (via 9to5Mac) berhasil mengutip tiga orang pegawai Apple yang tak disebutkan jati dirinya menyebutkan apa yang dimaksud dengan Apple University ini dan apa saja yang mereka ajarkan.

Para pegawai Apple ini mengatakan bahwa Apple University adalah program yang sangat terencana berisi refleksi Apple dan citra hidup yang mereka hadirkan ke dunia.

“They described a program that is an especially vivid reflection of Apple and the image it presents to the world. Like an Apple product, it is meticulously planned, with polished presentations and a gleaming veneer that masks a great deal of effort.”

Apple University ini sendiri didirikan oleh mendiang Steve Jobs pada tahun 2008 lalu dan berlangsung selama setahun penuh. Program dalam Apple University ini sendiri diajarkan oleh para dosen dari universitas-universitas ternama, seperti Yale, Hardvard, University of California, Berkeley, Standford, dan M.I.T.

Joel Podolny adalah seorang dekan dari Yale Business School yang dipercaya Apple untuk menjalankan program Apple University ini. Almarhum Steve Jobs sendiri yang memilihnya.


Baca Juga: Ini Keinginan Steve Jobs Perihal Apple HDTV


Adapun filosofi-filosofi yang diajarkan dalam Apple University ini adalah, pertama “What Makes Apple, Apple,” yaitu filosofi yang membedakan Apple dari perusahaan lain; kedua “The Best Things”, yang mengingatkan para pegawai untuk selalu menggunakan benda-benda terbaik berkualitas tinggi untuk mengerjakan tugas terbaiknya;, dan terakhir adalah selain membuat produk intuitif, para pegawai Apple diharuskan memiliki komunikasi yang jelas dalam “Communicating at Apple”.

Yang menarik adalah seorang instruktur dalam Apple University menunjukan 11 litograf bergambar banteng karya seniman terkenal Picasso. Karya Picasso yang sederhana dan tanpa detil itu menjadi acuan utama Apple dalam produk-produknya.

[source site_name = “New York Times” site_url = “http://9to5mac.com/2014/08/10/new-york-times-profiles-apple-university-infinite-loops-school-for-life-after-jobs/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest