Follow Us

Review GoodReader 4: Aplikasi Pembaca & Anotasi Dokumen Berfitur Lengkap

Bagus Hernawan - Senin, 18 Agustus 2014 | 17:07
Review GoodReader 4: Aplikasi Pembaca & Anotasi Dokumen Berfitur Lengkap

Kegiatan sehari-hari yang menuntut kamu untuk terus bergerak, membuat perangkat mobile device seperti iPad dan iPhone harus dapat digunakan semaksimal mungkin untuk selalu produktif. Membaca adalah salah satu kegiatan produktif yang kini harus bisa kamu lakukan dimanapun. Setuju?

Tim MakeMac sudah agak lama mencari aplikasi pembaca dokumen sekaligus berfitur anotasi (memberikan catatan, menggambar keterangan) untuk digunakan sehari-hari dan mengurangi penggunaan kertas. Pilihan kami jatuh pada GoodReader 4. Setelah mencoba selama beberapa hari, aplikasi ini berhasil memenuhi kebutuhan saya dan beberapa pengguna lainnya. Kali ini saya akan berbagi review dan mengupas beberapa kelebihan GoodReader 4 untuk kamu para pembaca setia.

Sepintas Tentang GoodReader 4

Menurut pendapat saya, berikut ini beberapa kelebihan GoodReader 4 yang membuat aplikasi ini sangat menarik untuk kamu coba:

  • Memiliki PDF engine yang sangat baik, dapat membaca dokumen PDF berukuran besar tanpa mengalami masalah seperti gambar pecah-pecah atau semacamnya
  • Membaca tanpa perlu mengganti halaman, menggunakan fitur PDF Reflow.
  • Fitur anotasi atau membuat catatan yang lengkap. Mulai dari memberi garis bawah, blok teks atau memberikan garis keterangan bahkan catatan tambahan yang tampil di teks.
  • Koneksi ke beragam akun cloud service untuk mengunduh atau mengunggah dokumen yang sudah kamu baca atau berikan anotasi.
  • Mengirim dan menerima dokumen menggunakan koneksi WiFi langsung ke perangkat.

Menggunakan GoodReader 4

Di atas tadi kita telah membahas beberapa fitur menarik yang ada, kini saatnya kita mencoba aplikasi karya pengembang Good.iWare tersebut. Setelah mengunduh dan menginstalnya di perangkat iOS, kamu bisa menghubungkannya ke perangkat komputer untuk memasukkan dokumen ke aplikasi ini. Apa saja dokumen yang didukung? Banyak sekali..! Diantaranya adalah .doc, .ppt, HTML, .ZIP, .RAR, dokumen dari iWork bahkan video dan audio.

Membaca & Menggunakan Fitur Anotasi

Salah satu hal yang saya suka dari GoodReader 4 adalah teknik berganti halamannya. Kamu cukup menyentuhkan jari ke sisi kanan layar dan halaman akan berganti ke berikutnya – sisi kiri untuk kembali ke halaman sebelumnya. Lalu bagaimana cara menggunakan anotasi?

Mudah saja, kamu tinggal menekan dan tahan pada bagian teks atau area yang diinginkan lalu nantinya akan tampil beberapa tools yang dibutuhkan. Sebagai catatan, saat pertama kali menggunakan fitur anotasi kamu akan mendapatkan pertanyaan apakah akan menyimpan tambahan anotasi tersebut di dokumen yang sama atau membuat salinannya. Saya sendiri lebih memilih untuk membuat salinannya.


Baca Juga: 8 Aplikasi Manga Reader Untuk iPad dan iPhone


Membaca Dengan Fitur PDF Reflow

Sedang membaca sebuah novel yang panjang dan malas untuk membalik halaman? Kalau iya, fitur PDF Reflow sangat cocok untuk kamu gunakan di GoodReader 4. Cara menggunakan fitur tersebut adalah menekan ikon dokumen dengan garis panah masuk yang ada di bagian bawah dokumen yang sedang kamu baca (ikon ketiga dari kiri)

Dengan fitur tersebut, tampilan dokumen kamu akan berubah menjadi text only dan berjalan dari atas ke bawah dan kamu tidak perlu membalikkan halaman lagi. Selain cocok untuk membaca novel dan buku yang tebal, fitur ini juga cocok untuk kamu yang sedang belajar menjadi pembaca berita.

Kesimpulan

Kelengkapan fitur anotasi, koneksi terhadap akun cloud service dan kemudahan menggunakan GoodReader membuat aplikasi ini berhasil memenuhi kebutuhan saya. Menurut saya beberapa jenis pengguna yang cocok dengan GoodReader adalah para dosen yang biasa mengelola koreksi skripsi dalam bentuk dokumen digital, mahasiswa yang hobi membaca ebook atau para pekerja biasa membaca laporan mingguan disaat dalam perjalanan.

Kedepannya semoga sang pengembang bisa menghadirkan antarmuka yang lebih tersentralisasi dan membuat folder agar kamu dapat mengorganisir dokumen dengan lebih baik.

Segera unduh GoodReader 4 untuk perangkat iPad dan iPhone dengan harga yang sedang diskon 60% menjadi $ 2.99 dari tautan dibawah ini ya.

Download GoodReader ร‚ยท Harga: 75000


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest