Follow Us

Mengenal Fitur Paste and Match Style di OS X

Bagus Hernawan - Senin, 01 September 2014 | 12:15
Mengenal Fitur Paste and Match Style di OS X

Saya yakin belum banyak dari pengguna yang mengenal fungsi Paste and Match Style di OS X. Padahal sebetulnya fitur ini sangat penting terutama bagi kamu yang gemar menulis atau mengutip tulisan (bukan plagiat loh ya).

Apa sih fungsinya? Sesuai dengan namanya, Paste and Match Style berarti menempelkan sebuah file dan menyamakan (match) format teks yang disalin ke format teks tujuan. Untuk lebih jelasnya mari kita langsung praktek:

  1. Buka sebuah dokumen kamu menggunakan aplikasi pengolah kata (Microsoft Word atau TextEdit misalnya), ambil contoh tugas kuliah.
  2. Cari teks dari website yang menggunakan format penulisan berbeda (font tebal dan ukuran besar misalnya). Sorot dan blok teks tersebut lalu salin atau copy (menggunakan shortcut cmd+c).
  3. Tempel (paste) teks tersebut di salah satu baris yang ada di dokumen kamu dengan shortcut cmd+v.
  4. Sekarang hapus salinan yang barusan kamu buat, kita akan mencoba fitur Paste and Match Style.
  5. Pada menu bar OS X, tekan teks Edit lalu pilih Paste and Match Style. Cara lain juga bisa menggunakan shortcut shift+ ctrl+ option + v.
  6. Sekarang coba bandingkan perbedaan dari fitur Paste dengan fitur Paste and Match Style.

Baca Juga: Fitur Dock OS X yang Belum (Tentu) Kamu Ketahui


Ssstt.. Masih Ada Manfaat Lainnya

Ada satu manfaat lagi dari fitur Paste and Match Style yang cukup menarik untuk kamu kuasai. Yaitu menyalin nama-nama folder di Finder ke aplikasi pengolah kata. Hal ini biasa digunakan bagi kamu yang ingin saling mencocokkan isi memori penyimpanan milikmu dengan teman atau semacamnya. Berikut ini tutorialnya:

  1. Buka Finder, pilih salah satu Folder dengan beragam data atau sub-folder yang ingin kamu buat list namanya di dokumen.
  2. Pilih semua data tersebut dengan shortcut cmd + a lalu salin dengan shortcut cmd +c.
  3. Sekarang buka aplikasi pengolah kata yang kamu gunakan, saya memilih TextEdit dalam percobaan ini.
  4. Sudah? Sekarang tinggal tekan shortcut Paste and Match Style (shift+ ctrl + option + v) atau akses dari menu bar dengan menekan Edit – Paste and Match Style.
  5. Mudah bukan? Sekarang semua nama folder atau dokumen yang kamu pilih di Finder sudah tertulis dengan urut dan rapi.
  6. Sebagai catatan, cara kamu membuat sorting di Finder (berdasar nama, jenis data atau ukuran) juga akan menentukan dereta posisi teks tersebut.
Menarik bukan? Selamat mencoba dan jangan lupa, bagikan tips ini kepada teman-teman pengguna Mac lainnya ya.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest