Follow Us

Analisa Keynote Apple Dari Masa ke Masa

Bagus Hernawan - Selasa, 09 September 2014 | 17:57
Analisa Keynote Apple Dari Masa ke Masa

Tim Makemac termasuk dalam barisan fanboy yang setia menonton Apple Event ataupun WWDC, dari jaman Steve Jobs masih bugar hingga sudah diganti Tim Cook. Sadar atau tidak, pastinya dalam setiap gelaran acara ada pakem dan catatan waktu khas yang pasti terjadi. Bagi kamu yang belum tahu, laman Quartz telah merangkum beberapa hal menarik tersebut. Mari kita simak rangkumannya:

Steve Jobs Sang Ahli Presentasi

Kamu pasti ingat di era kepemimpinannya, Steve Jobs selalu mendominasi waktu bericara di panggung. Terhitung sejak tahun 2001, dia selalu on air lebih dari 60 menit dalam setiap acara baik WWDC maupun Apple Event untuk mengenalkan produk baru. Namun kebiasaan tersebut mulai berkurang ketika penyakitnya bertambah parah yaitu semenjak tahun 2008 lalu. Masih ingat kata-kata favorit Jobs di setiap presentasinya? Ya, ‘one more thing..’.

Bagaimana dengan Tim Cook? Sebagai penerus Steve Jobs, dia tidak membawa cara presentasi yang sama. Tim Cook hampir selalu menempatkan dirinya sebagai pembuka hal-hal menarik dan meminta para ekstekutifnya seperti Craig Federighi untuk menjelaskan materi. Durasi waktu presentasi yang biasa dilakukannya hanya berkisar 20 menit dan kata-kata ‘ajaib’ andalannya adalah ‘only Apple..’


Baca Juga:


Menit-Menit Penjelasan Produk Baru

Apalah artinya Apple Event tanpa pengenalan produk baru. Dari analisa yang dilakukan, tidak ada detail waktu yang pasti untuk mengenalkan produk tersebut – semuanya beragam. Sebut saja iPhone pertama, penjelasannya dimulai pada menit ke 29. Sementara iPhone 3Gs baru mulai dibahas pada menit ke 102 atau setelah 1 jam lebih acara berlangsung.

Tampaknya itu semua tergantung seberapa banyak materi yang akan dibahas dalam acara tersebut. Kira-kira bagaimana ya dengan Apple Event nanti malam?

Masih ada beberapa penjelasan lain yang tidak kalah menarik mengenai analisa Keynote Apple dari masa ke masa. Silahkan simak di tautan Quartz untuk melihat lebih lengkap ya.

[source site_name = “Quartz” site_url = “http://qz.com/261181/the-hidden-structure-of-the-apple-keynote/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest