Follow Us

iPod Classic Tidak Lagi Tersedia Di Apple Online Store

Bagus Hernawan - Rabu, 10 September 2014 | 11:35
iPod Classic Tidak Lagi Tersedia Di Apple Online Store

Apple sudah menanggalkan iPod Classic dari laman Apple Online Store bersamaan dengan pembaruan wajah websitenya tadi malam. Dengan begitu stok iPod Classic yang ada di pasaran kemungkinan besar adalah yang terakhir. Saya tidak begitu kaget, karena produk yang terakhir mendapat pembaruan di taun 2009 ini agaknya sudah saatnya pensiun.

Kenapa layak pensiun? Pertama, media penyimpanan yang sudah jadul. iPod Classic masih menggunakan hardisk berukuran 1.8 inci – rentan guncangan. Bayangkan jika dibandingkan dengan perangkat iPod lainnya yang sudah menggunakan flash storage. Apalagi sekarang sudah ada iPhone 6 dengan kapasitas penyimpanan 128 GB, siapa yang masih betah membawa-bawa iPod Classic yang berat?

Kedua, minim inovasi. Semenjak tahun 2001 diperkenalkan oleh Apple, iPod Classic hanya berinovasi di sisi antarmuka dan dukungan file multimedia (foto dan video). Sisanya secara bentuk hanya berubah di tombol clickwheel dan bentuk yang lebih tipis.


Baca Juga: Berhati-Hatilah Dalam Memilih iPod!


Meskipun rentang guncangan dan minim inovasi, iPod Classic pernah mempunyai masa kejayaan yang hingga sekarang masih membuatnya laris walaupun dijual dalam kondisi bekas. Sebut saja iPod Classic edisi U2 dengan tanda tangan semua personil U2, iPod Classic generasi 5 atau yang sebelumnya yang mendukung custom firmware Rockbox. Dua jenis iPod Classic tersebut masih sagat laku dan diminati di pasaran – sayapun masih mencari hingga sekarang.

Selamat jalan iPod Classic.. Ada yang masih setia menggunakan? Generasi ke berapa dan versi berapa GB?


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest