Follow Us

DisplayPort Versi Anyar Sudah Hadir Buat Dukung iMac Retina

Andri Alfansyah - Selasa, 16 September 2014 | 16:13
DisplayPort Versi Anyar Sudah Hadir Buat Dukung iMac Retina

Kehadiran iMac Retina dengan layar 5K (5120 x 2880) yang akan hadir pada akhir tahun ini tentu harus didukung oleh kabel DisplayPort yang memadai. Namun masalah ini tampaknya sudah terselesaikan karena kabarnya teknologi DisplayPort versi anyar sudah hadir.

Seperti dilaporkan oleh 9to5Mac, Video Electronics Standards Association (VESA) telah memperkenalkan teknologi DisplayPort 1.3 terbaru yang sudah mendukung layar 5K. Standar DisplayPort 1.3 ini memiliki bandwidth hingga 32,4 Gbps tanpa kompresi. Dengan ini, performa layar 4K dan di atasnya akan meningkat secara signifikan.

The increased bandwidth enables higher resolution monitors, including recently announced 5K monitors (with pixel resolutions of 5120 x 2880) using a single DisplayPort cable, without the use of compression. It will also enable higher resolutions when driving multiple monitors through a single connection using DisplayPort’s Multi-Stream feature, such as the use of two 4K UHD monitors, each with a pixel resolution of 3840 x 2160, when using VESA Coordinated Video Timing.

Baca Juga: iMac Retina Bakal Hadir Akhir Kuartal Keempat Tahun Ini

Sebelumnya, banyak yang sangsi bahwa iMac Retina akan hadir dimana teknologi DiplayPort yang ada saat ini tidak mendukung layar 5K yang ada di iMac Retina. Walaupun DisplayPort 1.2 sudah mendukung layar 4K, namun langkah Apple untuk menghadirkan layar resolusi lebih tinggi dari itu bisa menjadi kendala.

Bukan tidak mungkin, Apple nantinya akan segera mengintegrasikan standar baru teknologi DisplayPort 1.3 terbaru ini dengan Thunderbolt. Peluncuran iMac Retina tampaknya akan berjalan mulus dengan telah hadirnya teknologi DisplayPort baru itu.

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “http://9to5mac.com/2014/09/15/displayport-1-3-announced-w-support-for-upcoming-5k-displays-enhanced-4k-performance/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest