Follow Us

Yuk, Siapin Perangkat iPad, iPhone & iPod Touch Untuk Update iOS 8

Bagus Hernawan - Rabu, 17 September 2014 | 17:35
Yuk, Siapin Perangkat iPad, iPhone & iPod Touch Untuk Update iOS 8

Sekitar tengah malam nanti waktu Indonesia, Apple akan merilis iOS 8 versi publik untuk para pengguna iPad, iPhone serta iPod Touch di seluruh dunia. Apa saja sih persiapan yang harus kamu lakukan untuk dapat menikmati sistem operasi terbaru itu? Berikut list yang harus kamu penuhi agar dapat menikmati pembaruan iOS 8.

Cek Perangkat iOS Milikmu

Di WWDC 2014 beberapa bulan lalu Apple sudah mengumumkan daftar perangkat yang masih didukung oleh iOS 8. Perangkat iPhone 4s menjadi yang paling tua disini, itu artinya iPhone 4 tidak bisa mencicipi iOS 8. Sedangkan di lini iPod Touch, hanya iPod Touch generasi kelima saja yang muncul sebagai single fighter.

Bagaimana dengan iPad? Ini dia hebatnya, iPad 2 masih didukung oleh Apple! Para pengguna perangkat iPad yang pertama kali memiliki kamera belakang ini masih bisa menikmati iOS terbaru.

Supaya lebih jelas dan lengkap, berikut ini daftar perangkat yang mendukung iOS 8:

iPhoneiPadiPod Touch
iPhone 4SiPad 2iPod Touch Generasi 5
iPhone 5iPad 3 (Retina Display)
iPhone 5siPad 4 (Retina, Lightning Port)
iPhone 5ciPad Mini
iPhone 6iPad Mini Retina
iPhone 6 PlusiPad Air
Hingga kini belum ada daftat fitur apa saja yang tidak bisa dinikmati oleh perangkat yang tergolong seri lawas seperti iPad 2 dan iPhone 4s. Kita tunggu saja besok ya mengenai hal tersebut.

Langkah Wajib: Backup!

Pastinya kamu tidak mau beberapa data terbaru seperti foto atau catatan yang kamu buat hari ini terhapus karena terakhir backup minggu lalu kan? Nah, segera backup perangkat iOS ke iTunes di komputer. Caranya sudah sering kita bahas kok, coba intip di artikel Cara Backup dan Restore iOS Untuk Pemula.

Unduh iTunes Terbaru Sekarang Juga

Namanya juga iOS baru, iTunes yang digunakan juga harus versi terbaru untuk mendukung proses sinkronisasi ataupun restore. Bagi pengguna OS X Mavericks atau sebelumnya, segera update iTunes ke versi 11.4 melalui App Store atau menu Software Update. Ingin mengunduhnya secara terpisah? Silahkan akses laman iTunes Download ya.

Kosongkan Memori Penyimpanan Lebih Banyak

Filosofi update iOS adalah mengunduh firmware lalu menginstalnya di perangkat kamu. Besar file tersebut terhitung lebih dari lumayan – bisa 1 hingga 1.5 GB. Saran saya, buat tempat kosong yang lebih besar atau sekitar 2 GB. Kosongkan sekarang, jangan menunggu ada peringatan ketika ditengah mengunduh iOS 8.

Bagaimana cara paling efektif melihat aplikasi yang menyita banyak memori penyimpanan? Mudah saja, buka aplikasi Settings > General > Usage. Tunggu beberapa saat hingga muncul list aplikasi dan kapasitas penyimpanan yang digunakan. Beberapa memang terlihat sangat besar karena kamu biasa menyimpan dokumen atau membuat cache memory di dalamnya.

Pilih mana yang bisa kamu hapus dan tap layar pada list aplikasi tersebut lalu pilih Delete App untuk menghapusnya beserta cache memory yang telah dibuat.


Baca Juga: Rangkuman Fitur iOS 8 yang Sebentar Lagi Dapat Kamu Nikmati


Internet Ekstra Cepat

Dengan ukuran file yang cukup besar tentunya kamu butuh internet cepat agar dapat segera memperoleh iOS 8. Anggap saja besarnya 1.5 GB dan koneksi yang digunakan 1 Mbps. Berarti kamu harus mengunduh dengan waktu 2 jam lebih. Pilihannya ada 2, mengunduh dengan ekstra sabar atau mencari koneksi ekstra cepat di kantor misalnya.

Akhir Kata

Dari pengalaman tim MakeMac menyambut iOS versi baru, biasanya server Apple akan sedikit susah diakses. Tentu saja, ini karena jutaan pengguna iOS di dunai berlomba untuk menjadi yang pertama dalam mendapatkan pembaruan. Jadi, harap lebih bersabar saja bila hal itu terjadi tengah malam nanti.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest