Follow Us

iMac Retina Display, Komputer dengan Resolusi Tertinggi di Dunia

Bagus Hernawan - Jumat, 17 Oktober 2014 | 02:25
iMac Retina Display, Komputer dengan Resolusi Tertinggi di Dunia

Gelaran Apple Event 16 Oktober 2014 baru saja ditutup oleh Tim Cook. Dalam acara berdurasi 1 jam 30 menit tersebut ada beberapa perangkat keras yang diperkenalkan. Salah satu yang paling membuat saya terkesima adalah iMac Retina Display. Ya, iMac terbaru ini mendukung resolusi luar biasa besar yaitu 5K (5120 x 2880) dengan total 14.7 juta pixels!

Berikut ini spesifikasi iMac Retina Display yang diklaim sebagai ‘world’s highest resolution display’:

  • 27-inch (diagonal) Retina display with IPS technology; 5120‑by‑2880 resolution with support for millions of colors
  • 3.5GHz quad-core Intel Core i5 processor (Turbo Boost up to 3.9GHz). Configurable to 4.0GHz quad-core Intel Core i7 (Turbo Boost up to 4.4GHz).
  • 8GB (two 4GB) of 1600MHz DDR3 memory; four SO-DIMM slots, user accessible configurable to 16GB or 32GB.
  • 1TB Fusion Drive, Configurable to 3TB Fusion Drive or 256GB, 512GB, or 1TB of flash storage (SSD).
  • AMD Radeon R9 M290X graphics processor with 2GB of GDDR5 memory. Configurable to AMD Radeon R9 M295X with 4GB of GDDR5 memory.
Lantas berapa harga yang harus dikeluarkan untuk teknologi tersebut? Phil Schiller menjelaskan iMac Retina sebagai produk tertinggi iMac saat ini dibanderol seharga $ 2499 – sekitar 30 juta Rupiah. Hal tersebut jelas ‘sangat murah’ jika dibandingkan monitor teknologi 4K dari vendor lain yang dijual mulai dengan harga $ 3000 (ingat, itu baru monitor saja, iMac sudah memiliki perangkat komputasi lengkap).


Baca Juga: DisplayPort Versi Anyar Sudah Hadir Buat Dukung iMac Retina


Phil juga menjelaskan teknologi layar yang digunakan pada iMac Retina. Dengan bahan Oxide TFT (Thin Film Transistor) untuk mentransfer energi pada setiap piksel di layarnya, iMac Retina diklaim lebih hemat listrik 30%. Terlihat kecil memang angkanya, namun kamu harus ingat bahwa resolusi yang digunakan adalah 5k – 4 kali resolusi iMac generasi sebelumnya.

Usaha Apple di era Steve Jobs untuk menciptakan teknologi Retina Display sudah terbukti menuai sukses. Dimulai dari perangkat iPhone 4, berlanjut ke iPad generasi ketiga. Kemudian merambah ke perangkat Macbook Pro dan hari ini, tibalah ke perangkat iMac. Berarti tinggal Macbook Air saja yang belum mengusung teknologi Retina Display. Bagaimana pendapat kamu?

[source site_name = “Apple” site_url = “http://www.apple.com/imac-with-retina/specs/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest