Follow Us

Mac Mini 2014 Hadir dengan Thunderbolt 2 & Fusion Drive

Bagus Hernawan - Jumat, 17 Oktober 2014 | 03:09
Mac Mini 2014 Hadir dengan Thunderbolt 2 & Fusion Drive

Selain menghadirkan iMac Retina, Apple juga mengumumkan Mac Mini terbarunya dalam ajang Apple Event. Meskipun tidak mendapatkan waktu sebanyak iMac, saya rasa perubahan spesifikasi di Mac Mini termasuk cukup signifikan dibanding versi sebelumnya – 2 tahun lalu.

Seperti pada gambar yang dapat kamu lihat di atas, Mac Mini terbaru dirilis dalam 3 jenis edisi. Versi paling ekonomis diberi label harga $ 499 dengan spesifikasi Intel Core i5 1.4 GHz, RAM 4 GB, Hardisk 500 GB dan pengolah grafis Interl HD 5000.

Versi tengah dengan harga $ 699 saya rasa adalah yang paling pas. Mengusung teknologi Intel Core i5 2.6 Ghz, RAM 8 GB, Hardisk 1 TB dan pengolah grafis Intel Iris, semua itu lebih dari cukup untuk komputasi harian atau editing foto dan video kelas awal dan menengah.

Bagaimana dengan edisi paling tinggi? Perbedaan paling utama dari Mac Mini dengan harga $ 999 dari versi tengah adalah teknologi Fusion Drive dan CPU yang sedikit lebih tinggi. Sebagai catatan, teknologi Fusion Drive yang dikenalkan sejak beberapa tahun lalu, baru kali ini disempatkan oleh Apple ke Mac Mini.


Baca Juga: iMac Retina Display, Komputer dengan Resolusi Tertinggi di Dunia


Berlanjut ke port input dan sisi konektifitas yang tersedia di Mac Mini. Hal pertama yang jelas terlihat adalah port Thunderbolt generasi 2 (kecepatan mendekati 20 Gbps) serta port USB 3.0 sejumlah 4 buah. Perangkat nirkabel juga ditingkatkan oleh Apple dengan menyematkan teknologi 802.11ac pada modul Wi-Fi.

Berminat membeli Mac Mini terbaru? Sayangya dalam laman Apple Store Indonesia, belum ada info kapan barang tersebut dapat dipesan dengan peringatan teks merah bertuliskan ‘pending regulatory approval’ alias menunggu ijin pemerintah.

[source site_name = “Apple” site_url = “http://store.apple.com/us/buy-mac/mac-mini”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest