Follow Us

iPad Air 2 dan iPad Mini 3 Telah Hadir dengan Segudang Fitur Baru

Andri Alfansyah - Jumat, 17 Oktober 2014 | 08:26
iPad Air 2 dan iPad Mini 3 Telah Hadir dengan Segudang Fitur Baru

Apple baru saja mengumumkan jajaran produk tablet terbaru besutannya yaitu iPad Air 2 dan iPad Mini 3 dalam event yang berlangsung tadi malam. Seperti yang sudah diprediksikan, iPad Air 2 dan iPad Mini 3 tetap mengusung layar dengan ukuran yang sama seperti pendahulunya. iPad Air memiliki bentang layar 9,7 inci dan iPad Mini 3 dengan layar 7,9 inci dan resolusi yang tetap sama, namun dengan fitur-fitur baru yang menarik. Apa sajakah yang baru dari keduanya?

Desain

Walaupun memiliki perbedaan desain yang tak terlalu signifikan seperti iPad Air generasi pendahulunya tapi sangat mengagumkan untuk diketahui adalah iPad Air 2 hadir dengan ukuran 18 persen lebih tipis dari generasi iPad sebelumnya, yaitu kini memiliki ketebalan 6,1mm dan berat kurang dari 450gr. Sementara iPad Mini 3 memiliki ukuran 7,5mm dan berat 331gr untuk iPad Mini 3 Wifi dan 341gr untuk versi Wifi + selular.

Software

Sesuai yang telah dijanjikan, iPad Air 2 dan iPad Mini 3 hadir dengan iOS 8.1 dengan membawa perbaikan dan peningkatan barunya. Salah satu fitur yang ada di dalamnya adalah layanan pembayaran Apple Pay berkat adanya fitur Touch ID yang sekarang dimiliki keduanya. Tapi sayangnya Apple Pay di iPad tidak dapat digunakan untuk pembelian langsung di toko melainkan secara online. Apple mengumumkan bahwa layanan Apple Pay ini akan mulai bisa dipergunakan pada tanggal 20 Oktober minggu depan.

Tidak hanya Apple Pay, Apple kembali membawa serangkaian penambahan fitur baru lainnya, yaitu Camera Roll hadir kembali di app Photos dalam iOS 8.1, AirDrop dengan fungsi baru di mana kamu kini bisa melakukan transfer antar semua produk Apple, dan fitur-fitur lainnya.

Spesifikasi

iPad Air kini hadir dengan prosesor A8X lebih cepat. Prosesor A8X ini adalah prosesor dengan arsitektur 64 bit edisi kedua yang memiliki kecepatan dapur pacu hingga 40 persen lebih cepat dan grafis 2,5 kali lebih cepat. Apple juga tidak lupa membenamkan chip M8 co-prosesor dan sensor barometer di iPad Air 2 ini seperti iPhone 6 Plus. Sementara iPad Mini memiliki prosesor jenis A7 dan M7 Co-prosesor. Masing-masing iPad baru ini juga dilengkapi dengan Wifi 802.11ac yang 2,8 x lebih cepat dan mendukung 20 pita jaringan LTE dan CDMA EV-DO Rev. A dan Rev B.

Fitur-fitur utama lainnya adalah kamera iSight 8MP di iPad Air 2 dan 5MP di iPad Mini 3 dengan kemampuan perekaman video 1080p dan fitur video Time-lapse, Kamera FaceTime HD 1,2MP dengan kemampuan rekam video 720p, dan sistem kartu SIM baru yang yang memungkinkan untuk beralih menggunakan operator lain dengan mudah.

Ketersedian, Warna & Harga

Kedua model iPad Air 2 maupun iPad Mini 3 masing-masing tersedia dalam dua opsi yaitu dengan Wifi saja dan Wifi + Selular dan tiga ragam warna seperti iPhone, yaitu dengan penambahan balutan warna emas yang angat menarik untuk pertama kalinya, di samping warna Space Gray dan Silver.

Apple menyebutkan bahwa kedua model iPad Air 2 dan iPad Mini 3 akan tersedia buat pre-order mulai hari ini dan dipasarkan mulai minggu depan di beberapa negara dengan rentang harga berbeda sesuai spesifikasinya masing-masing. iPad Air 2 dengan opsi Wifi saja memiliki harga jual mulai $499 – $699 untuk kapasitas mulai 16GB – 128GB. Sementara iPad Air 2 Wifi + Selular dibandrol dengan harga jual mulai $629 – $829 dengan kapasitas 16GB – 128GB.

[source site_name = “Apple” site_url = “http://www.apple.com/ipad/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest