Follow Us

Ini Ongkos Produksi dan Keuntungan yang Apple Dapatkan dari iPad Air 2

Andri Alfansyah - Kamis, 30 Oktober 2014 | 09:40
Ini Ongkos Produksi dan Keuntungan yang Apple Dapatkan dari iPad Air 2

Satu hal yang menarik tentang iPad Air 2 adalah bandrol harganya yang hampir sama seperti iPad Air pendahulunya. Dengan perbedaan harga yang sedikit mirip, berapa sebenarnya ongkos produksinya dan keuntungan bersih yang didapatkan oleh Apple dari iPad Air 2 ini?

Seperti dilaporkan oleh Re/code, Apple mengambil keuntungan bersih sebesar 45–57 persen tergantung model iPad Air 2. Keuntungan bersih dari harga iPad Air 2 ini sedikit lebih rendah dari iPad Air edisi pertama yang memberikan Apple keuntungan bersih mulai dari 45–61 persen.

Apple’s implied profit margin on the iPad Air 2 has dropped slightly to a range of 45 percent to 57 percent depending on the device, compared with the original at 45 percent to 61 percent. Apple doesn’t disclose the profit margins on individual products, though it reports a total gross margin of 38 percent. It also doesn’t comment on teardown reports.

Biaya produksi iPad Air 2 ini juga dilaporkan sangat rendah ketimbang harga asli di pasaran mulai dari $499 – $829. Berdasarkan hasil temuan periset IHS mengungkapkan bahwa ongkos produksi model iPad Air 2 16GB Wifi sebesar $275 dan model iPad Air 2 128GB LTE adalah sebesar $358.

Selain itu, harga komponen layar iPad Air 2 ini juga lebih murah daripada harga layar iPad Air tahun lalu. Harga layar iPad Air 2 adalah sebesar $77, sementara layar iPad Air pertama adalah $90.

Hal mengejutkan dalam temuan ini adalah Apple mengambil keuntungan yang sangat besar untuk harga komponen memori iPad Air 2 ini. Buat memori 16GB, Apple mengeluarkan biaya hanya $9.20 dan $60 buat memori 128GB. Sebagai perbandingan iPad Air 2 dengan kapasitas storage 128GB, Apple membandrolnya hingga $300 lebih mahal.


Baca juga:


Beberapa negara seperti AS, Australia, negara-negara Asia dan Eropa saat ini telah menjual iPad Air 2 dan iPad Mini 3. Namun entahlah kapan Indonesia mendapat bagian untuk menjual kedua jajaran iPad terbaru itu secepatnya. Semoga saja lebih cepat.

[source site_name = “Re/code” site_url = “http://recode.net/2014/10/28/apples-latest-ipad-costs-about-the-same-as-the-first-but-with-slightly-lower-profits/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest