Follow Us

Review cDock, Balikin Dock Lawas ke OS X Yosemite

Bagus Hernawan - Kamis, 30 Oktober 2014 | 11:15
Review cDock, Balikin Dock Lawas ke OS X Yosemite

Kamu semua pasti tahu, di OS X Yosemite tampilan dock berubah menjadi flat alias 2 dimensi – kembali seperti jaman OS X Tiger. Beberapa pengguna merasa senang karena tampil lebih minimalis, tapi tidak dengan saya. Ya, saya masih mencintai tampilan dock 3D pada OS X Mavericks. Bisakah kembali ke bentuk tersebut? Jawabannya bisa dan sangat mudah berkat aplikasi cDock.

Aplikasi semacam ini sebetulnya banyak sekali sejak jaman dahulu, sebut saja Docker atau Lion Designer. Namun dari sekian banyak, baru cDock saja yang dibuat khusus untuk OS X Yosemite. Mari simak cara penggunannya.

Pertama ya tentu saja kamu harus mengunduh cDock terlebih dahulu. Setelah mengunduh dan instal, saatnya mencoba aplikasi kecil dan gratisan ini. Pengguna hanya akan menemukan sebuah jendela pengaturan sederhana dengan berbagai atribut kustomisasi seperti gambar di bawah.

Di barisan kiri atas ada tema dock, posisi, jeda dock pada sisi aplikasi dan folder, dan beberapa checkbox untuk pengaturan tambahan. Saya sendiri hanya menggunakan cDock untuk mengganti tema ke Yosemite 3D serta mengunci konten di dock agar tidak hilang ketika terlepas dari tempatnya. Selesai membuat pengaturan kustomisasi favorit, saatnya menekan tombol apply. cDock akan melalukan relauch finder dan tampilan dock kamu akan berubah.

Bagi pengguna yang ingin melakukan kustomisasi warna dengan lebih bebas, tersedia menu custom di bagian tema. Tata cara pemakaiannya bisa kamu saksikan di halaman YouToube cDock. Selamat mencoba ya!

[source site_name = “cDock” site_url = “http://sourceforge.net/projects/cdock/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest