Follow Us

Rabbit Keyboard: Keyboard Yang Dioptimasi Untuk Bahasa Indonesia

Kuswanto - Senin, 03 November 2014 | 16:22
Rabbit Keyboard: Keyboard Yang Dioptimasi Untuk Bahasa Indonesia

Pada iOS 8 Apple mengizinkan pengguna memakai keyboard pihak ketiga menggantikan keyboard bawaan yang tidak mengalami penambahan fitur semenjak versi iPhone pertama. Sayangnya keyboard buatan pihak ketiga belum ada yang mendukung Bahasa Indonesia. Keyboard pihak ketiga seperti SwiftKey saat ini belum mendukung penyaranan kata Bahasa Indonesia.

Nah, ada satu keyboard yang dioptimasi untuk Bahasa Indonesia bernama Rabbit Keyboard, buatan dalam negeri.

Rabbit Keyboard memberikan solusi yang berbeda dengan keyboard lain. Alih-alih memberikan gesture atau prediksi kata, pada Rabbit Keyboard huruf-huruf yang sering digunakan dalam Bahasa Indonesia dibuat lebih besar dibandingkan huruf-huruf yang jarang digunakan. Tombol A mempunyai ukuran yang jauh lebih besar daripada tombol Z. Walaupun berbeda ukuran, posisi keyboard masih memakai susunan yang mirip dengan QWERTY.


Baca Juga:


Ukuran tombol yang berbeda membuat beberapa huruf berada dilokasi yang berbeda apabila dibandingkan dengan keyboard bawaan iOS. Mengetik kata-kata sehari-hari terasa lebih cepat dan pas, masalah mulai muncul ketika mengetikan jargon-jargon atau kata serapan, kemungkinan besar diakibatkan otak dan otot jari (muscle memory) saya yang sudah terbiasa dengan posisi keyboard bawaan sehingga proses mengetik menjadi lambat atau sering salah. Dengan terus berlatih menggunakan Rabbit Keyboard saya rasa muscle memory akan beradaptasi terhadap layout baru.

Selain ukuran tombol yang dioptimasi untuk Bahasa Indonesia, Rabbit Keyboard mendukung 4 gesture baru untuk mempercepat proses mengetik. Swipe suatu tombol ke atas akan membuat tombol tersebut menjadi huruf kapital, swipe ke kiri menghapus kata sebelumnya, swipe ke kanan akan mengetikan tanda tanya dan swipe ke bawah akan menambahkan tanda koma.

Bagian yang saya suka adalah layout mode angka dan simbol. Rabbit Keyboard mengatur tombol angka seperti layaknya kalkulator, membuat mengetik angka menjadi lebih mudah dan cepat karena posisi tombol saling berdekatan.

Untuk rilis pertama Rabbit Keyboard sangat pas bagi pengguna iOS di Indonesia. Cocok bagi kamu yang sering mengetik bahasa sehari-hari tanpa (atau sedikit) campur aduk dengan bahasa lain. Rabbit Keyboard mendukung posisi keyboard landscape dan portrait.

Setelah menggunakannya selama lebih dari seminggu terdapat beberapa hal yang kurang seperti hilangnya tombol “&”, tombol Delete yang tidak mendukung gesture tahan (hold) untuk menghapus cepat seperti di keyboard bawaan, menghapus dengan gesture swipe ke kiri memakan waktu lebih lama daripada menahan tombol Delete.

Rabbit Keyboard dibuat oleh Michael Tamara, sebelumnya telah meluncurkan aplikasi pendidikan Marbelindo dan Go Jokowi!.

Download · Harga:


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Kuswanto

Latest