Follow Us

Kata Apple Soal Xiaomi yang Berambisi Jadi Pabrikan Ponsel Terbesar di Dunia

Andri Alfansyah - Jumat, 21 November 2014 | 17:58
Kata Apple Soal Xiaomi yang Berambisi Jadi Pabrikan Ponsel Terbesar di Dunia

Siapa yang tak kenal dengan Xiaomi? Ya pabrikan ponsel asal Tiongkok baru saja menyabet gelar sebagai pabrikan ponsel terbesar ketiga di dunia di bawah Apple dan Samsung. Tapi Xiaomi tampaknya tak puas dengan predikat ini dan berambisi untuk menjadi pabrikan ponsel terbesar di dunia mengalahkan Apple dalam beberapa tahu ke depan.

Langkah berani Xiaomi ini disampaikan olejh CEO Xiaomi, Lei Jun, dalam kunjungan ke India yang dianggapnya sebagai pasar terbesar setelah Tiongkok. Seperti dikutip dari The Guardian (via 9to5Mac), ia menyatakan bahwa Xiaomi memiliki kesempatan untuk menjadi pabrikan terbesar di dunia dalam 5–10 tahu ke depan.

“I believe that no one thought the Xiaomi from three years ago, which just made its first phone, would later rank as the third largest player,” Lei said at China’s World Internet Conference in Wuzhen, after arriving two hours late. “India is becoming our largest overseas market. Within five or 10 years, we have the opportunity to become the number one smartphone company in the world.”


Baca juga: Petinggi Xiaomi Sebut Apple Meniru HTC


Apple tampaknya tak begitu takut dengan pernyataan CEO Xiaomi ini. Apple melalui penasehat umumnya dan SVP of Legal and Government Affair, Bruce Sewell mengatakan bahwa langkah berani Xiaomi ini lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Hal ini karena bukan Xiaomi saja yang ada di Tiongkok, banyak pabrikan ponsel yang harus Xiaomi hadapi di sana.

Selama kuartal ketiga 2014, Xiaomi berhasil menjual ponselnya hingga 18 juta unit dengan pangsa pasar 5,6 persen, berdasarkan data dari Strategy Analytic. Bandingkan dengan Apple yang berhasil menjual iPhone sebanyak hampir 40 juta unit dengan pasar 12,3 persen di kuartal yang sama.

Waktu 5–10 tahun untuk mengejar Apple adalah prediksi waktu yang cukup lama. Dalam waktu tersebut, Apple tentu harus memikirkan strategi baru untuk menjegal Xiaomi. Terlebih mereka terkenal karena ‘meniru’ produk-produknya.

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “http://9to5mac.com/2014/11/20/xiaomi-thinks-it-can-top-apple/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest