Follow Us

Twitter Menutup Fitur Pencari Handal Bagi Pengembang Pihak Ketiga

Bagus Hernawan - Selasa, 25 November 2014 | 12:02
Twitter Menutup Fitur Pencari Handal Bagi Pengembang Pihak Ketiga

Seminggu berselang semenjak pengumuman fitur pencari Twitter yang lebih handal, kini ada berita lanjutan yang sedikit tidak menyenangkan. Dalam laman komunitas Twitter Developer, dijelaskan bahwa API (semacam bundle pemrogaman untuk sebuah fitur) pencarian tersebut tidak akan dibagikan sebagai REST API – gratisan lah gampangnya. Ya, kamu hanya bisa menggunakan aplikasi official Twitter untuk mendapatkan fitur ini.

We don’t have any plans to make the full historical index available for free via the public REST API. The focus of search/tweets (and the streaming statuses/filter endpoint) will continue to be real-time search.

Pengembang bernama Isaach yang memberikan jawaban tersebut juga menyarankan kamu mencoba fitur Twitter Data Grants. Fitur tersebut berfungsi untuk melakukan pencarian yang berhubungan dengan sejarah dan hasil riset untuk kaum pendidikan. Terlihat juga beberapa pengembang di halaman tersebut menceritakan kekecewaan karena tidak bisa menambahkan fitur tersebut ke aplikasi buatannya.

Saya rasa hal ini cukup wajar sih, Twitter tidak ingin fitur intuitif tersebut membuat aplikasinya sepi pengguna bila API dibagikan begitu saja. Selain itu batasan yang diberikan dapat membuat Twitter lebih selektif dalam melakukan pengamanan.


Baca Juga:

[source site_name = “Twitter” site_url = “https://twittercommunity.com/t/search-api-the-new-complete-tweet-index-announcement/27883/6”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest