Follow Us

Yahoo & Microsoft Mengincar Posisi Google di Safari iOS

Bagus Hernawan - Rabu, 26 November 2014 | 11:37
Yahoo & Microsoft Mengincar Posisi Google di Safari iOS

Pengguna perangkat iOS yang biasa menggunakan peramban Safari pasti tidak asing dengan search engine Google yang didaulat sebagai layanan bawaan. Menurut laman 9To5Mac, kontrak kerjasama Google dan Apple akan segera berakhir di tahun depan. Kesempatan ini tidak disia-siakan oleh Yahoo & Microsoft untuk naik dari peringkat alternatif sistem pencari menjadi yang diutamakan oleh Apple.

Kabarnya, setiap petinggi dari Yahoo maupun Microsoft sudah menemui Eddy Cue, SVP of Internet Software and Services Apple untuk membicarakan hal tersebut. Namun hingga berita ini tim MakeMac bagikan, belum ada keputusan apapun yang diambil.

There is no indication Apple has made any decision which company, if any, will replace Google.

Bagi kamu yang belum tahu, sebetulnya Yahoo sudah punya kerjasama yang cukup baik dengan Apple. Mulai dari aplikasi Weather (sekarang sudah berhenti) dan Stocks yang menyajikan informasi nilai saham dunia setiap harinya pada perangkat iOS.

Tak beda jauh dengan Yahoo, Microsoft juga punya kerjasama untuk mengintegrasikan sistemnya di salah satu aplikasi iOS yaitu Siri. Ya, setiap pencarian dan jawaban yang diberikan oleh Siri terhubung dengan layanan pencari dari Microsoft bernama Bing.


Baca Juga:

Sementara di sisi Google, kerjasama yang diberikan selama ini mulai dipangkas oleh Apple. Sebut saja app Maps di iOS 6 yang awalnya menggunakan Google Maps, kini sudah beralih dengan data dari Apple Maps. Begitu pula dengan kisah aplikasi YouTube yang menghilang sebagai aplikasi bawaan sejak iOS 6 juga.

Bagaimana pendapat kamu, apakah Google akan bertahan sebagai search engine bawaan di tahun berikutnya? Bagikan pendapat di kolom komentar ya.

[source site_name = “the information” site_url = “http://9to5mac.com/2014/11/25/google-search-ios/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest