Follow Us

(Video) Menggunakan Sensor Magnet iPhone Sebagai Pendeteksi Lokasi

Bagus Hernawan - Jumat, 28 November 2014 | 16:13
(Video) Menggunakan Sensor Magnet iPhone Sebagai Pendeteksi Lokasi

Perangkat iPhone dan iPad memang dikenal memiliki beragam sensor untuk membuat aplkasi atau game yang lebih menarik. Salah satunya yang jarang diutak-atik para pengembang adalah magnetometer digital compass. Bila selama ini kamu hanya tahu sensor itu untuk membuat aplikasi navigasi, Ivan Leko memberikan angin segar untuk menggunaan sensor tersebut. Pengembang dari Kroasia tersebut membuat rancangan aplikasi yang dapat berinteraksi dengan pengguna berdasarkan sensor magnet.

Penasaran? Coba simak dahulu videonya berikut ini:

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Menurut video tadi, Ivan membuat sebuah aplikasi sederhana untuk mendeteksi posisi logam magnet dan menampilkannya di layar perangkat iPhone. Tidak ada koneksi jaringan nirkabel atau semacamnya, karena yang digunakan betul-betul hanya sebongkah magnet kelas tinggi dengan tipe neodymium. Sementara garis-garis pada kertas hanyalah penggambaran jangkauan sensor magnet yang dapat dijangkau.

Di bagian akhir video juga dijelaskan manfaat yang dapat diperoleh jika konsep ini terus dikembangkan. Mulai dari keyboard virtual, gaming controller, dan juga stylus untuk menulis diluar layar.

Saya sendiri berharap teknologi ini kelak dapat dikembangkan ke arah kendali jarak jauh – untuk bermain game misalnya. Sebagai contoh kamu cukup meletakkan perangkat iPhone di meja (terhubung ke layar besar dengan AirPlay) , membuka lembaran kertas sebagai panduan tombol dan menggunakan sarung tangan mangetik misal.

Bagaimana pendapat kamu, punya ide brilian lain untuk aplikasi berbasis sensor magnet ini?

[source site_name = “TUAW” site_url = “http://www.tuaw.com/2014/11/26/video-man-creates-real-time-magnet-position-detection-system-us”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest