Follow Us

(Video) Unjuk Gigi Google Auto Tantang CarPlay

Andri Alfansyah - Senin, 01 Desember 2014 | 10:46
(Video) Unjuk Gigi Google Auto Tantang CarPlay

Tak hanya Apple yang menghadirkan CarPlay yaitu solusi untuk mengakses ragam aplikasi dari iPhone di dalam kendaraan, Google juga membesut solusinya sendiri yang dinamakan dengan Google Auto. Nah, sama-sama masih dalam tahap awal pengembangan, bagaimanakah perbandingan antar keduanya?

Untuk mengetahuinya, Dom Esposito dari 9to5Mac mencoba membandingkan kedua sistem operasi tersebut dalam mobil Sonata 2015 keluaran Hyundai.

Ini videonya:

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Kedua sistem operasi buat kendaraan tersebut memiliki beberapa perbedaan namun mekanisme cara kerjanya mirip. Untuk mengakses CarPlay, kamu hanya perlu mencolokan kabel lightning iPhone milikmu ke sistem infotainment yang ada di mobil kamu. Begitu juga dengan Google Auto, pengguna perlu mencolokan kabel USB ke sistem infotainment di dalam mobil.

Begitu kamu mencolokan iPhone ke mobil via kabel lightning, kamu bakal disuguhkan dengan tampilan CarPlay yang memiliki ikon-ikon yang tak asing buat pengguna iOS. Selanjutnya kamu bisa mengakses ragam aplikasi, seperti telepon, Maps, Music, pesan, Now Playing, Podcast, dan aplikasi pihak ketiga.

Semua aplikasi tersebut, bisa kamu kendalikan dengan suara via Siri. Menariknya kamu tak hanya bisa mengakses Siri melalui layar sentuh, tapi juga melalui tombol di kemudi.

Baca juga:

Google Auto yang masih berstatus beta mengusung antarmuka Google Now di mana informasi relevan dalam sistem infotainment ditampilkan dalam mode kartu. Berbeda dengan CarPlay yang memiliki antarmuka homescreen mirip seperti di iPhone, Google Auto hanya menyediakan tombol-tombol akses ke telepon, musik, peta, pesan dan lainnya di bagian bawah.

Untuk mengakses beragam fiturnya, Google Auto menyediakan kontrol suara Google Now. Pengguna bisa mengaktifkannya melalui tombol yang ada di layar atau pun melalui tombol yang disediakan di kemudi.

Walau sama-sama mengusung solusi yang sama, CarPlay dan Google Auto memiliki perbedaan dalam hal antarmuka dan akses intuitif ke berbagai fiturnya. CarPlay tampil sangat sederhana dibanding Google Auto. Namun tidak menutup kemungkinan dengan adanya API buat pengembang, Apple akan memasukan lebih banyak aplikasi ke dalamnya. Saya harap, Apple juga bisa meningkatkan sisi antarmuka CarPlay agar lebih intuitif dari yang ada sekarang.

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “http://9to5mac.com/2014/11/28/carplay-vs-android-auto-comparison-video/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest