Follow Us

Telegram Messenger Hadirkan Fitur Telegram.me & Enkripsi Ekstra

Bagus Hernawan - Selasa, 02 Desember 2014 | 17:44
Telegram Messenger Hadirkan Fitur Telegram.me & Enkripsi Ekstra

Aplikasi messenger yang mengklaim dirinya paling aman dan ringan, Telegram, baru saja merilis update ke versi 2.7.4 bagi perangkat iOS. Kini para pengguna iPad dan iPhone dapat menikmati 3 fitur baru yaitu membuka chat dengan telegram.me, memindahkan data di nomor baru dan enkripsi yang lebih handal.

  • Telegram.me/username links open a chat with the user in Telegram
  • Move your Telegram account and all messages to a new phone number
  • Perfect Forward Secrecy in secret chats
Fitur telegrame.me menurut saya sangat unik. Kamu cukup membuka peramban di perangkat iOS lalu silahkan ketik alamat URL telegram.me/UsernameKamu untuk masuk ke aplikasi tersebut. Manfaat lainnya adalah mengirim tautan tadi kepada teman kamu untuk mengajaknya menggunakan Telegram.

Ingin berganti nomor di Telegram tadi gak mau repot invite ulang semua teman? Tenang saja, fitur tersebut juga sudah diberikan oleh sang pengembang di Telegram versi 2.7.4 ini. Cukup buka Telegram, masuk ke bagian Settings > Phone Number. Sayangnya setelah saya coba, fitur ini belum hadir pada perangkat iPad, atau memang hanya tersedia bagi pengguna iPhone?

Catatan terakhir di pembaruan ini adalah fitur enkripsi di mode Secret Chat yang ditingkatkan lagi. Mode chat tersebut sudah mendukung teknik enkripsi Perfect Forward Secrecy – bahasa gampangnya sih kunci enkripsi pada setiap chat kamu akan diubah setiap interval waktu tertentu.


Baca Juga:

Saya sendiri sudah menggunakan Telegram selama beberapa bulan. Terbukti, chat menggunakan Telegram memang terasa sangat cepat dan patut untuk diandalkan. Apalagi Telegram juga tersedia untuk perangkat OS X serta Web-Version, sehingga kamu tetap bisa berkirim pesan dengan perangkat lain

Segera unduh pembaruan Telegram ya! Di bawah ini saya sediakan tautan untuk Telegram for iOS dan OS X sekaligus.

Telegram for iOS

Download Telegram Messenger · Harga: Gratis

Telegram for OS X

Download Telegram · Harga: Gratis


Review Telegram Messenger: Fitur Enkripsi Pesan Yang Menenangkan


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest