Follow Us

Apple Hapus Musik dari Pesaing Tanpa Sepengetahuan Pengguna iPod

Andri Alfansyah - Kamis, 04 Desember 2014 | 10:41
Apple Hapus Musik dari Pesaing Tanpa Sepengetahuan Pengguna iPod

Sidang gugatan class action terhadap Apple soal iPod baru saja bergulir Rabu kemarin. Seperti dilaporkan Wall Street Journal, pengacara Patrick Coughlin menyebutkan Apple telah menghapus musik dari toko musik lain dari 2007–2009 tanpa sepengetahuan pengguna iPod.

Apple deleted music that some iPod owners had downloaded from competing music services from 2007 to 2009 without telling users, attorneys for consumers told jurors in a class-action antitrust suit against Apple Wednesday.

Bukan hanya menghapus musik yang bukan berasal dari iTunes saja, tapi Apple juga menghadirkan pesan eror yang meminta pengguna melakukan restore perangkatnya. Masalah pun timbul, pengguna tak bisa lagi menyelaraskan musik dari pesaingnya setelah mereka melakukan restore.


Baca Juga: Dituntut Soal iPod, Apple Siapkan Bukti Testimoni dari Mendiang Steve Jobs


Apple pun mengatakan bahwa langkahnya tersebut sah karena mereka tidak ingin memberi informasi selengkapnya dan membuat penggunanya bingung, seperti disampaikan Augustin Farrugia, direktur kemananan Apple.

Tuntutan class action ini sebenarnya telah berumur satu dekade. Pengguna iPod itu menuntut Apple membayar kerugian sebesar $350 juta karena diklaim telah memblokir persaingan usaha. Para petinggi Apple, Phil Schiller dan Eddy Cue pun direncanakan akan hadir untuk memberi kesaksian dalam persidangan kasus itu minggu ini.

[source site_name = “WSJ” site_url = “http://blogs.wsj.com/digits/2014/12/03/apple-deleted-rivals-songs-from-users-ipods/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest