Follow Us

Bersiaplah, iPhone Akan Menjadi Kartu Identitas Digital

Andri Alfansyah - Jumat, 12 Desember 2014 | 17:06
Bersiaplah, iPhone Akan Menjadi Kartu Identitas Digital

Iowa kabarnya bakal menjadi satu-satunya negara bagian pertama di Amerika Serikat (atau bahkan di dunia) yang bakal memberlakukan kartu identitas dan surat ijin mengemudi via aplikasi di iPhone buat warganya untuk 2015 mendatang.

Ya, seperti dilansir dari Cult of Mac, Departemen Transportasi negara bagian Iowa akan membuat sebuah aplikasi iOS yang akan berfungsi sebagai surat ijin mengemudi dan identitas pribadi. Aplikasi ini juga akan memiliki informasi yang sama, seperti halnya kartu identitas biasa.

Hal yang membedakannya adalah adanya kode barcode yang akan terkoneksi langsung dengan database Departemen Transportasi Iowa. Sehingga, informasi pengguna bisa diperbarui dengan mudah melalui pemindaian.

The state’s Department of Transportation says it will be the first state to ever allow citizens to use an official state app that will serve as a drivers license and ID. Iowa’s mobile app will reportedly contain all the same information found on the plastic license in your wallet, plus they’re adding a scannable bar code that links to DOT databases so all your info is up-to-date.


Baca juga: Review Genius Scan: Jujur, Saya Baru Saja Memfotokopi KTP Dengan App Ini


Walau terdengar sangat inovatif, aplikasi ini pun datang bukan tanpa kekhawatiran apabila iPhone pengguna hilang. Tapi, kekhawatiran ini tidak lebih buruk daripada memiliki aplikasi perbankan di iPhone yang hilang. Lalu, bagaimana jika iPhone pengguna dipegang polisi yang suatu saat memerlukan identitas pengguna? Tampaknya ketidaknyamanan bakal muncul.

Departemen Transportasi Iowa belum mengungkapkan kapan mereka merilis aplikasi Iowa Mobile buat warganya. Tapi kabarnya mereka bakal menjajal versi beta aplikasinya pada awal tahun depan. Tidak diketahui juga, apakah aplikasi ini juga akan terintegrasi dengan TouchID.

Jika diluncurkan nantinya, aplikasi tersebut memungkinkan iPhone menjadi tempat penyimpanan informasi penting sebagai pengganti kartu identitas jadul. Rencana negara bagian Iowa ini bisa jadi model bagi pemerintah di sini untuk menerapkan hal yang sama. Tapi mungkinkah?

[source site_name = “Cult of Mac” site_url = “http://www.cultofmac.com/305839/2015-state-issued-iphone-app-ticket-drive/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest