Follow Us

Dituntut, iOS Ternyata Gunakan Storage Jauh Lebih Efisien daripada Android

Andri Alfansyah - Senin, 05 Januari 2015 | 12:08
Dituntut, iOS Ternyata Gunakan Storage Jauh Lebih Efisien daripada Android

Apple saat ini tengah menghadapi tuntutan class action dari dua orang pengguna yang menuduh Apple telah berbohong terkait kapasitas penyimpanan asli perangkat iOS. Dua orang penuntut itu, Paul Orshan dan Christopher Endara, menyebutkan bahwa iPhone, iPad, dan iPod Touch miliknya yang berkapasitas 16GB harus merelakan ruang cukup besar sekitar 23 persen setelah mereka mengupdatenya ke iOS 8. Hal ini tidak seperti yang Apple iklankan.

Ternyata hal ini bukanlah isu jika dibandingkan dengan sistem operasi pesaingnya, yaitu Android, iOS jauh lebih efisien dalam penggunaan memori penyimpanan. Seperti dilansir dari Which? (via Apple Insider), dengan storage 16GB yang sama, smartphone-smartphone Android, seperti Nexus 5, Xperia Z1, LG G2 dan Galaxy S4 dari Samsung memakan storage lebih besar lagi yaitu masing-masing sebesar 12GB, 10,3GB, 11,4GB, dan 8,56GB.


Baca juga:


Sementara, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus 16GB dengan iOS 8 meninggalkan sisa storage antara 12.7 – 13GB. Sementara iPhone 5c dan iPhone 5s 16GB dengan iOS 7 menyisihkan storage 12,6GB dan 12,2GB. Dengan perbandingan ini, iOS 8 terlihat sangat efisien. Bahkan jauh efisien ketimbang smartphone Android keluaran Samsung yang notabene merupakan pesaing besar Apple.

Saya merasa tuntutan dua orang tersebut terhadap Apple itu mengada-ada. Adalah sangat lumrah apabila perangkat iOS memakan ruang sekitar 2GB – 3GB karena hal itu tentu digunakan oleh sistem dan aplikasi-aplikasi bawaan Apple. Jika Apple mengiklankan iPhone dengan kapasitas 16GB harus sesuai dengan yang tertera, hal itu sungguh tidak mungkin. Mana ada smartphone dengan sistem kosong di dalamnya.

[source site_name = “Apple Insider” site_url = “http://appleinsider.com/articles/15/01/04/despite-lawsuit-apples-ios–8-storage-is-actually-far-more-efficient-than-googles-android-samsungs-galaxy-microsoft-windows”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest