Follow Us

Selamat Ulang Tahun Safari! 12 Tahun yang Penuh Inovasi

Bagus Hernawan - Kamis, 08 Januari 2015 | 12:44
Selamat Ulang Tahun Safari! 12 Tahun yang Penuh Inovasi

Sebagian pengguna OS X, aplikasi apa yang pertama kali kamu buka ketika berada di depan komputer? Kalau saya sih Safari, yang kebetulan sedang berulang tahun di bulan ini. Ya, tepat 12 tahun lalu di tanggal 7 Januri 2003, Steve Jobs resmi mengenalkan aplikasi peramban buatan Apple bernama Safari kepada publik.

Menggunakan tagline “The turbo browser for OS X”, Safari berhasil diunduh lebih dari 1 juta pengguna dalam waktu seminggu saja – walaupun masih berlabel open beta. Berikut ini potongan video ketika Steve Jobs mengenalkan Safari pertama kali dalam gelaran Apple Event:

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.


Baca Juga:

Pengembangan terus berlanjut hingga empat tahun kemudian yaitu 9 Januari 2007, ketika Apple mengenalkan iPhone. Perangkat ponsel canggih tersebut juga memiliki peramban Safari dalam versi mobile. Berselang 6 bulan dari hari besar itu, Apple mengenalkan Safari versi ketiga bagi para pengguna komputer Mac yang saat itu masih OS X Leopard. Tak hanya itu, Safari juga mulai merambah ke sistem operasi lain yaitu Windows XP dan Windows Vista.

Satu hal yang paling saya ingat pada jamannya, pengguna dapat memanfaatkan Safari untuk mengunduh video dari sebuah website dengan cara yang sangat mudah. Cukup akses menu mode Activity dan tunggu proses buffer video sedikit berjalan lalu klik 2x untuk mengunduhnya. Ada yang pernah memanfaatkan fitur tersebut pada waktu itu?

Hingga tahun ke 12, Safari di OS X Yosemite sudah sampai ke versi 8. Tentunya beragam fitur terbaik dapat kamu temukan seperti native 3D browser, HTML5 Premium Video, JavaScript yang lebih baik dan beragam hal lainnya. Semoga pengembangan ini dapat terus ditingkatkan oleh Apple dan Safari tetap setia digunakan oleh semua pengguna OS X.

Punya pengalaman seru atau menarik dengan peramban Safari baik terbaru atau lawas? Bagikan di kolom komentar ya!

[source site_name = “TUAW” site_url = “http://www.tuaw.com/2015/01/07/happy-12th-birthday-safari/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest