Follow Us

Paten Baru Apple Berhasil Membuat GoPro Kalang Kabut

Andri Alfansyah - Rabu, 14 Januari 2015 | 14:11
Paten Baru Apple Berhasil Membuat GoPro Kalang Kabut

Apple baru saja mendapatkan paten teknologi yang memungkinkan pengguna mengontrol kamera digital dengan remote-control. Paten yang dikeluarkan oleh United States Patent and Trademark Office (USPTO) ini adalah pukulan telak bagi perusahaan kamera wearable, GoPro yang saham miliknya dikabarkan turun drastis.

Seperti dilaporkan Bloomberg, saham GoPro anjlok sebesar 12 persen menjadi $49,87 per lembar saham setelah USPTO hari ini mengabulkan pengajuan paten teknologi kamera dengan remote-control buat Apple. Anjloknya saham GoPro ini adalah yang paling tinggi sejak Agustus tahun lalu.

The stock dropped to $49.87 at the close in New York. The plunge followed Apple gaining a patent today from the U.S. Patent and Trademark Office for a system that lets consumers control a digital camera remotely.

Dengan hadirnya paten ini, Apple tampaknya tak diragukan bakal membesut kamera yang mirip seperti apa yang dihadirkan GoPro buat iPhone. Produk kamera GoPro memang sukses di pasaran saat ini yang dilaporkan berhasil menjual sebanyak 4 juta unit kamera dan keuntungan hingga $1 miliar tahun lalu. Tapi kepiawaian Apple dalam memproduksi dan menjual perangkat lebih banyak diklaim bakal mengalahkan apa yang dilakukan GoPro.


Baca Juga: USPTO Anugerahi Apple Paten Layar iPhone 3D


Nasib yang di alami GoPro memang apes. Sementara mereka telah memproduksi perangkatnya, tetapi tidak memiliki patennya. Mereka kalah cepat dari Apple. Soal ini, GoPro belum berkomentar tentang paten Apple ini dan anjloknya saham karenanya. Mungkin kamu bisa menebak nasib GoPro selanjutnya apabila Apple nantinya hadir dengan kamera digital berteknologi sama seperti GoPro.

[source site_name = “Bloomberg” site_url = “http://www.bloomberg.com/news/2015-01-13/gopro-plunges-after-apple-gains-remote-camera-patent.html?hootPostID=d04227fbdef67216d55f4e68dec5357a”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest